Mahasiswa KKN Tim 2 Undip Lakukan Pelatihan dan Pendampingan Packaging Produk Sesuai Dengan Konsep Manajemen Packaging.
Desa Newung, Sukodono Sragen merupakan daerah dekat bantaran bengawan solo, tak heran jika sebagian besar masyarakat membudidaya ikan dengan membuat kolam-kolam di dekat rumah. Melihat potensi ikan yang cukup melimpah di Desa Newung, menjadikan kelompok UKM PKK setempat terdorong untuk membuat produk olahan ikan dan coba dipasarkan.
PKK merupakan organisasi kemasyarakatan yang bertujuan untuk memberdayakan perempuan. Secara umum, tentunya kita tidak asing dengan sebutan ibu-ibu PKK. Istilah PKK sudah begitu luas dan biasanya diasosiasikan dengan perkumpulan ibu-ibu yang memiliki berbagai kegiatan positif. Mulai dari kegiatan UKM (Usaha Kecil Menengah), pengajian, KB (Keluarga Berencana), KDRT (Kekerasan Dalam Rumah Tangga), dan Kesehatan anak.
Produk olahan ikan yang dihasilkan ini kemudian masih perlu pelatihan terkait bagaimana cara pengemasan produk yang sesuai dengan manajemen packaging agar produk mampu bertahan lama serta menarik konsumen untuk membeli. Atas dasar hal tersebut, Mahasiswa KKN Reguler Tim 2 Undip tahun 2022/2023, Elvita Nurul Khumairoh dari jurusan Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis, memberikan pelatihan dan pendampingan mengenai packaging terhadap UKM PKK dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas produk.
Kegiatan pelatihan dilaksanakan secara langsung melalui forum pertemuan rutin yang diadakan kelompok UKM PKK, kegiatan berlangsung pada Senin 24 Juli 2023 di Kantor Balai Desa Newung. Rangkaian kegiatan diawali dengan sosialisasi materi packaging. Dalam kegiatan, kelompok UKM PKK diberikan modul sebagai pegangan materi. Modul tersebut berisi pengertian, fungsi dan tujuan, jenis-jenis, ketentuan dan peraturan packaging. Setelah sosialisasi, kegiatan dilanjutkan pelatihan penggunaan alat vacuum sealer sebagai alat pembantu untuk mempermudah pengemasan.
Pada hari selanjutnya, kelompok UKM PKK diberikan pendampingan berupa penerjunan langsung mahasiswa KKN ke tempat usaha untuk mempraktikkan cara pengemasan yang baik sesuai dengan konsep manajemen packaging agar produk mampu bertahan lama serta menarik minat konsumen untuk membeli produk tersebut.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI