Mohon tunggu...
ELVI SELASSIA FATIHA
ELVI SELASSIA FATIHA Mohon Tunggu... Aktor - Universitas Nahdlatul Ulama

nama saya elvi selassia fatiha asal surabaya umur 19 tahun dan sekarang saya baru saja menjadi mahasiswa baru. saya mempunyai beberpa hobi yaitu bernyanyi, memasak.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Hal yang Perlu Diperhatikan Seorang Introvert

31 Oktober 2022   21:28 Diperbarui: 31 Oktober 2022   21:54 199
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Ingat sekali dulu Ketika aku masih kecil senang sekali jika punya banyak teman atau bahkan punya kenalan teman baru, tapi Ketika aku duduk dibangku sekolah menengah pertama perlahan-lahan apa yang menjadi kesenangan aku Ketika aku masih kecil itu semua berubah, tidak tau kenapa aku tidak bisa berhubungan baik dengan teman-temanku. Aku mulai tidak suka dengan keramaian, aku lebih suka menyendiri.

Sampai aku bertemu dengan kata "introvert" yaitu sebuah sebutan bagi orang yang mempunyai kepribadian yang lebih fokus pada pikiran, suasana hati, dan perasaan secara internal. Aku juga baca-baca artikel tentang apa sih itu "introvert" dan ternyata persis sama sekali dengan apa yang selama ini aku rasakan jika aku bersosialisasi atau bertemu dengan orang banyak.

Jika kalian merasa lelah Ketika bertemu banyak orang meskipun tidak banyak melakukan aktifitas fisik, lebih suka menyendiri dan meluangkan banyak waktu untuk menyendiri, suka melakukan aktifitas itu sendiri, lebih suka berbicara tentang hal yang mendalam, lebih suka berkumpul dengan teman dekat Mungkin kalian adalah anak yang mempunyai kepribadian introvert.

Aku tuh pernah takut menjadi seorang yang introvert karena aku pikir menjadi anak yang introvert itu sering dianggap buruk karena mungkin kesannya tidak asyik saat diajak bicara, mungkin juga introvert sering dianggap anak yang sombong karena tidak mau berbaur. Padahal anak introvert memang lebih suka meluangkan waktu untuk dirinya sendiri jika saja nantinya anak yang introvert mau berbaur maka ia lebih memilih berbaur dengan teman dekatnya.

Mungkin hal-hal tadi adalah sesuatu yang kurang mengenakkan bagi anak yang mempunyai kepribadian introvert, tetapi introvert juga mempunyai kelebihan ada juga hal positif yang bisa diambil yaitu anak introvert lebih cenderung berhati-hati dalam bicara, terhindar dari banyak masalah, lebih banyak melakukan aksi daripada bicara, saya juga pernag baca bahwa anak introvert memilki pemikiran yang tajam dan mendalam.

Adapun juga yang harus diperhartikan jika ada seseorang yang mempunyai sifat introvert didalam dunia pekerjaan mungkin kita harus berani untuk mengambil resiko, berani bergaul dengan teman baru karena didunia pekerjaan pastinya kita akan bertemu atau bekerja sama dengan banyak orang dan kita sebagai anak yang introvert memang harus sedikit lebih bisa beradaptasi dengan keramaian.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun