CONTOH MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA
MATEMATIKA KELAS IV
Â
INFORMASI UMUM
- IDENTITAS SEKOLAH
- Penyusun                 : ELVA SULASTRI, S.Pd
- Instansi                   : SDN 15 Sidang Tangah
- Tahun Penyusun          : Tahun 2024
- Jenjang Sekolah           : SD
- Mata Pelajaran            : Matematika
- Fase / Kelas               : B / IV
- Bab / Tema                : 5. Bangun Datar
- Alokasi Waktu             : 1 kali pertemuan / 2x35 Menit
- KOMPETENSI AWAL
- Peserta didik dapat mengidentifikasi bangun datar segi banyak beraturan dan segi banyak tidak beraturan.
- PROFIL PEMBELAJARAN PANCASILA
- Beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME dan Berakhlak mulia, Berkebhinekaan global, Gotong royong, Mandiri, Bernalar kritis dan kreatif.
- SARANA DAN PRASARANA
- Laptop
- Alat bantu audio (Speaker)
- Proyektor
- Papan tulis
- Alat bantu tulis ( Spidol dan lain-lain)
- Sumber belajar: (Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, 2022 Buku Panduan Guru Matematika Kelas IV, Penulis: Hobri, Lembar kerja peserta didik.
- Video terkait dengan bangun datar (Segi banyak beraturan dan segi banyak tidak beraturan).
- Alat peraga (kertas karton berbentuk bangun datar)
- Soal-soal terkait bangun datar
- Peserta didik reguler/tipikal umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar.
- Peserta didik dengan pencapaian tinggi, mencerna dan memahami dengan cepat, dan keterempilan membuat suatu proyek.
- JUMLAH PESERTA DIDIK
- 6 Peserta didik
- MODEL PEMBELAJARAN
- Model Pembelajaran      : Project Based Learning (PjBL)
- Pendekatan               : Scientific Learning dan TPACK
- Strategi                   : Pembelajaran Kontekstual
- Metode                   : Pengamatan, percobaan, tanya jawab, diskusi,                             penugasan, presentasi.
KOMPONEN INTI
- TUJUAN KEGIATAN PEMBELAJARAN
- Tujuan Pembelajaran
- Peserta didik dapat mengembangkan pemahaman tentang berbagai bangun datar dan karakteristiknya sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif. (Audience)
- Siswa dapat mencontohkan bentuk dari bangun segi banyak beraturan dan bangun segi banyak tak beraturan ( Behavior ).
- Melalui pemaparan video dan alat peraga, peserta didik mampu menentukan bangun datar segi banyak beraturan dan tidak beraturan( Condition ).
- Setelah mengamati video pembelajaran terkait bangun datar,siswa dapat memberikan 2 contoh lain bangun datar. ( Degree )
- PEMAHAMAN BERMAKNA
- Peserta didik mampu memahami materi tentang bangun datar terkait dengan segi banyak beraturan dan segi banyak tidak beraturan.
- PERTANYAAN PEMANTIK
- Bangun datar apa saja yang telah dipelajari?
- Bagaimana cara menyusun bangun datar?
- PERSIAPAN PEMBELAJARAN
- Guru menyiapkan kebutuhan pembelajaran seperti media ajar guru, laptop, alat dan bahan ajar yang dibutuhkan.
- KEGIATAN PEMBELAJARAN
Â
Kegiatan
Langkah-Langkah Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
- Guru membuka pembelajaran dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran peserta didik (Religius dan Disiplin)
- Ketua kelas memimpin berdoa sebelum memulai pembelajaran. (Religius)
- Peserta didik dan guru menyanyikan lagu nasional Garuda Pancasila (Nasionalisme)
   Â