Di dalam dunia pendidikan, kata Evaluasi sudah tidak asing lagi kita dengar. Terutama untuk tenaga pendidik, yang senantiasa bergelut secara langsung dengan kegiatan Evaluasi. Evaluasi di dalam dunia pendidikan sering kita dengar dengan Evalusi Pembelajaran, dimana tenaga pendidik di tuntut untuk melakukan Evaluasi terhadap pembelajaran yang mereka berikan kepada peserta didik. Meskipun Evaluasi pembelajaran biasanya dilakukan di akhir pembelajaran, namun Evaluasi di rancang sedemikian rupa dan disiapkan sebelum pembelajaran dilakukan.
Pada hakikatnya evaluasi pembelajaran adalah proses pengukuran dan penilaian terhadap suatu pembelajaran dimana seorang pendidik mengukur atau menilai peserta didik dengan menggunakan alat tes. Pengukuran alat tes, lebih bersifat kuantitatif dengan menggunakan perhitungan angka dalam mengukur hasil belajar peserta didik. Sedangkan penilaian Alat tes, lebih bersifat kualitatif dengan menilai peserta didik sesuai Kualitas hasil belajar mereka. Tujuan evaluasi sendiri adalah untuk melacak proses belajar peserta didik apakah sudah sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah diterapkan, mengecek hasil belajar peserta didik apakah ada kekurangan atau tidak dalam proses pembelajaran, mencari solusi dari kekurangan yang peserta didik alami dan menyimpulkan seberapa menguasainya peserta didik dalam kompetensi yang diterapkan.
 Maka yang harus dilakukan untuk calon tenaga pendidik maupun tenaga pendidik yang sudah berpengalaman adalah perlunya mengadakan evaluasi pembelajaran, agar tenaga pendidik tersebut mengetahui hal -  hal apa saja yang memiliki kekurangan dan harus cepat mencari solusi dan memperbaikinya. Karena bila tenaga pendidik melakukan evaluasi terus menerus, maka evalusi tersebut akan sangat berpengaruh dan membantu dalam meningkatkan Kualitas diri tenaga pendidik tersebut di masa yang akan datang.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H