Apa itu psikologi pendidikan?
Psikologi pendidikan terdiri dari dua kata yaitu psikologi dan pendidikan. Istilah psikologi berasal dari bahasa Inggris psychology. Kata psychology merupakan dua akar yang bersumber dari bahasa Yunani, yaitu psyche yang berarti jiwa dan logo yang berarti ilmu. Dengan demikian, psikologi berarti ilmu tentang jiwa atau ilmu untuk mempelajari perilaku. Sedangkan istilah pendidikan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berasal dari kata dasar didik yaitu memelihara dan memberi latihan (ajaran, pimpinan) mengenai akhlak dan kecerdasan pikiran (Rochaini, 2019).Â
Dari pengertian tersebut, psikologi pendidikan merupakan ilmu tentang perilaku atau tingkah laku manusia dalam pembelajaran yang berkaitan dengan kegiatan mengajar. Oleh karena itu, seorang guru perlu mempelajari psikologi pendidikan untuk dapat memahami perilaku dirinya dan peserta didik dalam proses pembelajaran (Novianti, 2015).
Perbedaan Karakteristik Peserta Didik
Perilaku antara peserta didik yang satu dengan yang lainnya sangatlah berbeda atau dalam kata lain, dalam setiap pembelajaran terdapat berbagai macam karakteristik dari peserta didik. Perbedaan karakteristik peserta didik penting untuk diperhatikan karena dalam proses belajar-mengajar, peserta didiklah yang menjadi objek utama dalam pembelajaran.Â
Kemampuan peserta didik dalam menerima materi atau bahan ajar dari guru tentulah berbeda-beda. Perbedaan peserta didik tersebut dapat disebabkan karena beberapa hal, di antaranya kecerdasan intelektual, minat, gaya belajar, aspek budaya, bahasa, status sosial ekonomi, dan jenis kelamin.Â
Untuk memahami perbedaan tersebut, guru dapat melakukan beberapa cara, seperti memahami karakteristik peserta didik dengan cara pendekatan kepada peserta didik, mengamati peserta didik dalam pembelajaran, atau dengan melihat perilaku sehari-hari. Dengan cara tersebut kemudian guru dapat menentukan perilakunya untuk menghadapi karakter dari masing-masing peserta didik.Â
Dalam pembelajaran guru memang harus bersikap adil kepada seluruh peserta didik, tetapi perilaku untuk menghadapi peserta didik agar dapat menerima pembelajaran juga perlu dipertimbangkan antara peserta didik yang satu dengan yang lainnya.Â
Pengaruh Psikologi Pendidikan Bagi Peserta Didik
Penerapan psikologi pendidikan dalam pembelajaran kini sudah banyak dilakukan oleh guru di satuan pendidikan. Dengan psikologi pendidikan tersebut, akan berpengaruh kepada peserta didik, di antaranya peserta didik dapat bertanya kepada pendidik jika ada kesulitan atau hal yang tidak diketahui karena guru mampu memahami kemampuan peserta didik.Â
Kemudian peserta didik akan merasa nyaman dalam mengikuti proses pembelajaran karena guru menggunakan metode pembelajaran yang berbeda-beda.Â