Mohon tunggu...
Elsanita Rahma Hidayati
Elsanita Rahma Hidayati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

I am currently a third-year student majoring in Education at Sebelas Maret University, Surakarta. My passion for education brought me to this university to deepen my understanding of Indonesian Language and its application in Education.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Belajar Literasi dan Numerasi melalui Permainan Ular Tangga

19 Juni 2024   19:38 Diperbarui: 19 Juni 2024   19:46 905
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Dokumentasi Pribadi

Ular tangga merupakan sebuah permainan dimana dalam papan permainannya dibagi dalam kotak-kotak kecil dan di beberapa kotak digambar sejumlah "tangga" atau "ular" yang menghubungkannya dengan kotak lain. Dalam program Kampus Mengajar 7 di SD 3 Mlati Lor, salah satu kegiatan yang dilakukan untuk merayakan Festival Literasi & Numerasi adalah bermain Ular Tangga LitNum.

Dalam melakukan kegiatan ini disediakan banner ular tangga berukuran besar dimana siswa berperan sebagai pionnya. Setiap angka yang di ular tangga terdapat soal-soal yang harus dikerjakan oleh siswa. Kegiatan ini dilaksanakan dengan membentuk beberapa kelompok secara acak dari siswa kelas 3, 4, dan 5 agar permainan lebih efektif dan efisien.

Ular tangga numerasi dimainkan seperti permainan ular tangga biasa tetapi di setiap poin/angka akan ada sebuah soal yang harus dikerjakan oleh siswa. Soal yang diberikan nantinya menyesuaikan dengan materi yang sudah diajarkan oleh guru.

Peserta berperan sebagai bidak bergantian melempar dadu dan bergerak ke atas arena yang berisi kotak-kotak bernomor 1-100 terdapat ular atau tangga di beberapa nomor, pada nomor tertentu disediakan kertas berisi perintah atau pertanyaan yang harus mereka selesaikan ketika berhenti di nomor tersebut hingga mencapai finish.

Adanya kegiatan permainan Ular Tangga LitNum diharapkan dapat melatih dan meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa, meningkatkan sikap kerjasama antar siswa, meningkatkan motivasi belajar siswa, serta membantu siswa untuk belajar mengelola emosi ketika mengalami keberuntungan baik atau buruk, melatih interaksi sosial & kerja tim, karena pemain dapat merayakan bersama ketika mencapai tujuan atau memberi dukungan ketika saat ada yang mendapat ular. Melalui pendekatan ini, Ular Tangga LitNum mengubah metode pembelajaran konvensional menjadi metode yang interaktif dan menyenangkan.

Ditulis Bersama Dr. Muhammad Rohmadi, M. Hum.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun