Universitas Negeri Malang melakukan implementasi Kampus Merdeka dimana mahasiswa melakukan pembelajaran di dalam dan luar universitas. Asistensi Mengajar merupakan bagian dari program Merdeka Belajar - Kampus Merdeka (MBKM) yang dilakukan di luar universitas. Program dari Asistensi mengajar mengacu pada SNDikti pasal 15 bahwasanya proses pembelajaran di perguruan tinggi harus difasilitasi melalui pembelajaran pada lembaga non perguruan tinggi, misalnya Sekolah Dasar/ MI, Sekolah Menengah Pertama/ MTS, dan Sekolah Menengah Atas/Kejuruan/ MA. Program Asistensi Mengajar di dalam satuan pendidikan merupakan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh mahasiswa secara kolaborasi dan dibimbing oleh guru serta dosen pembimbing lapangan di satuan pendidikan formal. Aktivitas pembelajaran ini dilakukan selama 1 semester (20 SKS) dan harus dijalankan oleh mahasiswa dengan baik. Penempatan untuk Asistensi Mengajar ini biasanya dilakukan di dekat lokasi kota ataupun berada di daerah terpencil. Mahasiswa dalam menjalan kegiatan program Asistensi Mengajar harus melakukan kegiatan dalam aspek akademik dan non-akademik di satuan sekolah.
Program Asistensi Mengajar ini memiliki tujuan untuk dapat memberikan manfaat bagi mahasiswa serta sekolah mitra. Dari segi mahasiswa program ini memiliki manfaat untuk melatih keterampilan, kreativitas, inovasi, serta pengalaman yang diperoleh di sekolah mitra dimana di masa yang akan datang mahasiswa dapat mengimplementasi di dunia kerja dan memiliki bekal dalam melakukan pembelajaran. Program Asistensi Mengajar ini ditujukan kepada mahasiswa yang mengambil program studi khususnya untuk pendidikan dimana nantinya akan menciptakan lulusan terbaik sebagai seorang pendidik atau guru di masa yang akan datang. Sedangkan dari segi sekolah mitra mendapatkan bantuan SDM yang memadai untuk mendukung program dari sekolah mitra yang berjalan secara baik, kreati, dan inovatif. Tujuan utama dilakukannya program Asistensi Mengajar Universitas Negeri Malang yaitu menjadikan lulusan yang sesuai dengan kemajuan teknologi, tuntutan atas dunia usaha dan dunia industri, serta implementasi yang baik dalam lingkungan masyarakat.
SMK Negeri 2 Blitar merupakan salah satu sekolah kejuruan yang unggul di kota Blitar. Sekolah ini berlokasi di Jalan Tanjung No. 111, Kecamatan Sukorejo, Kota blitar. SMK Negeri 2 Blitar memiliki 7 jurusan yaitu Administrasi Perkantoran, Akuntansi, Pemasaran, Busana Batik, Usaha Perjalanan Wisata, Teknik Komputer Jaringan, dan Desain Komunikasi Visual.
Asistensi Mengajar UM di SMKN Blitar terdiri dari kegiatan akademik dan nonakademik. Kegiatan akademik dilakukan dengan mengajar di kelas X Akuntansi 3. Dalam proses belajar-mengajar, penulis belajar bagaimana mempersiapkan pembelajaran di kelas, seperti membuat modul ajar yang baik, lembar kerja peserta didik, media ajar seperti PowerPoint dan video pembelajaran. Kegiatan akademik ini dilakukan mulai dari mempersiapkan bahan ajar dan perangkat pembelajaran sampai evaluasi pembelajaran. Penulis juga memperoleh ilmu bagaimana cara membuat soal yang baik dan tepat bagi kompetensi peserta didik. Ternyata, mengelola kelas itu tidaklah mudah. Guru harus memiliki pengetahuan yang cukup dalam memahami kebutuhan masing-masing peserta didiknya. Guru juga harus terus berinovasi serta meng-upgrade skill mengajarnya agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan tepat. Di sini, penulis mendapatkan pengalaman bahwa menjadi seorang guru harus tetap menjaga integritas dan terus meningkatkan kompetensinya untuk menunjang profesinya.
Selain kegiatan akademik, mahasiswa Asistensi Mengajar di SMK Negeri 2 Blitar juga melaksanakan program nonakademik. Kegiatan akademik yang penulis lakukan yaitu membantu administrasi di perpustakaan, gudang, dan Koperasi "Mekar" SMK Negeri 2 Blitar. Di perpustakaan kami belajar cara melabeli buku dan merekap data-data pada buku-buku baru. Gudang sekolah merupakan tempat untuk menyimpan inventaris sekolah. Di sini penulis membantu melayani peminjaman barang dan permintaan barang habis pakai. Sesekali penulis juga membantu untuk mengecek barang-barang masuk yang baru saja dibeli. Koperasi "Mekar" merupakan koperasi simpan-pinjam yang ada di SMK negeri 2 Blitar. Di koperasi ini, penulis bersama teman satu tim membantu dalam mengentri bukti kas masuk dan bukti kas keluar ke dalam jurnal dan buku besar. Selain pelaksanaan kegiatan nonakademik di ketiga tempat tersebut, saat bulan Ramadhan tepatnya bulan Maret-April penulis dan teman AM lainnya membantu program kerja dari Business Center yaitu menjual kue lebaran. Adapun kegiatan yang kami lakukan yaitu mulai dari mengemas sampai mendistribusikan kue lebaran tersebut. Di sini penulis mendapat pengalaman baru bagaimana proses seseorang dalam berwirausaha sehingga secara tidak langsung dapat menambah pengetahuan dan menambah skill penulis dalam berwirausaha.
Universitas Negeri Malang selalu menganjurkan mahasiswanya untuk menghasilkan produk di setiap kegiatan yang dilakukan. Penulis dan teman-teman dari departemen Akuntansi UM berusaha mengasah pikiran dan keterampilan dalam berinovasi untuk warga sekolah SMK Negeri 2 Blitar. Kami berhasil membuat sistem otomatisasi presensi pengunjung perpustakaan. Adapun medianya adalah menggunakan barcode yang ada di kartu pelajar masing-masing siswa dan Microsoft Excell. Barcode terdapat di kartu pelajar tersebut di scankan ke scanner yang terhubung dengan komputer dan langsung saja nama dan Nomor Induk Siswa (NIS) akan muncul di komputer. Pihak Perpustakaan SMK Negeri 2 Blitar sangat mengapresiasi adanya inovasi baru seperti ini karena proses perekapan daftar pengunjung perpustakaan akan semakin efektif dan efisien.
Selain sistem otomasi presensi perpustakaan, penulis dan tim satu departemen juga membuat inovasi berupa "Modul Interaktif Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang". Modul interatif ini merupakan salah satu inisiasi penulis dan tim untuk menambah motivasi belajar siswa khusunya untuk siswa kelas X yang terdapat materi tersebut. Modul interaktif ini selain berisi teks materi juga dilengkapi dengan video pembelajaran, rekaman suara penjelasan materi, serta Latihan-latihan soal berbentuk games yang menarik. Adapun penggunaannya dengan cara meng-scan kode QR yang terdapat pada poster yang dipasang di perpustakaan sekolah.
Program Asistensi Mengajar yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Malang ini sangat bermanfaat khususnya bagi penulis. Penulis tidak hanya mendapatkan pengalaman dalam bidang akademik, tetapi juga pengalaman-pengalaman lain di bidang akademik yang tentunya mampu mengembangkan softskill penulis.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H