Mohon tunggu...
Elsa bernafia syafitri
Elsa bernafia syafitri Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

mahasiswa semester akhir

Selanjutnya

Tutup

Analisis

Implementasi Berfikir Kritis Dalam Proses pembelajaran

29 Desember 2024   15:09 Diperbarui: 29 Desember 2024   15:07 17
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Analisis Cerita Pemilih. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Nama               : elsa bernafia safitri

Universitas   : Pelita bangsa 

Dosen              : Purwanti., S.Pd.,MM

Mata kuliah  : Berfikir Kritis 

Berpikir kritis adalah keterampilan penting yang harus dimiliki oleh setiap siswa jika mereka ingin menghadapi tantangan di dunia modern. Mengaplikasikannya dalam proses pembelajaran tidak hanya membantu siswa memahami bahan pelajaran, tetapi juga melatih mereka untuk menjadi pemikiran kritis yang kritis dan mandiri.

Diskusi adalah cara belajar berpikir kritis. Mendorong siswa untuk berbicara dan bertukar pendapat mengajarkan mereka untuk mengevaluasi argumen dan mempertimbangkan berbagai perspektif. Selain itu, diskusi kelompok kecil memberi siswa kesempatan untuk mengajukan pertanyaan, mendefinisikan konsep, dan membuat kesimpulan berdasarkan informasi yang ada.

Guru juga dapat menggunakan studi kasus yang relevan dengan situasi dunia nyata. Metode ini mendorong siswa untuk menganalisis masalah, menemukan solusi kreatif, dan menerapkan pengetahuan mereka dalam situasi nyata. Oleh karena itu, siswa tidak hanya menghafal informasi, tetapi juga memperoleh kemampuan untuk berpikir kritis dan menerapkan pengetahuan yang mereka pelajari.

Selain itu, sangat penting untuk membuat lingkungan belajar yang mendukung. Guru harus mendorong siswa untuk menjadi ingin tahu dan memberi ruang untuk kesalahan sebagai bagian dari proses belajar. Dengan cara ini, siswa akan merasa lebih nyaman untuk mencoba hal-hal baru dan mempertanyakan kepercayaan yang ada.

Akhir sekali, tugas-tugas berbasis proyek atau presentasi dapat digunakan untuk menilai keterampilan berpikir kritis siswa. Tugas ini menilai pemahaman siswa serta kemampuan kreatif dan analitis mereka. Siswa dipersiapkan untuk menghadapi tantangan di masa depan dengan menggunakan pendekatan ini, yang membuat proses pembelajaran menjadi lebih relevan dan dinamis.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun