Dalam rangka pengoptimalan peran UMKM sebagai penyokong terbesar perekonomian Indonesia, salah satu mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Malang melakukan pengabdian kepada masyarakat khususnya pada pelaku UMKM. Pengabdian yang dilakukan adalah membantu mempromosikan UMKM tersebut untuk meningkatkan daya jual dan omzet penjualan.
Masalah Covid-19 yang berkepanjangan sangat berdampak bagi perekonomian di Indonesia khususnya dunia usaha. Para pelaku usaha mengeluhkan bisnisnya mengalami penurunan omzet hingga tidak bisa berjualan di tempat lagi. UMKM sebagi salah satu penyokong terbesar perekonomian Indonesia juga sangat merasakan hal itu. Apabila UMKM padam, lapangan pekerjaan akan sangat berkurang dan tentunya pengangguran akan semakin meningkat.
Seiring berkembangnya bisnis usaha saat ini, tantangan dan persaingan semakin tajam dalam merebut pangsa pasar. Para pelaku usaha dituntut untuk dapat memberdayakan sumber daya yang dimiliki secara efektif dan efisien agar usahanya mempunyai keunggulan bersaing.Â
Di masa pandemi seperti sekarang, pengusaha harus mempunyai strategi pemasaran berupa promosi melaui media informasi. Strategi promosi usaha seperti ini diharapkan dapat memberikan dampak pada keuntungan usaha guna mencapai tujuan jangka panjang usaha dalam memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat sekitar seperti menyediakan lapangan pekerjaan.
Kebutuhan masyarakat terhadap informasi yang semakin kompleks, media sosial dapat dimanfaatkan sebagai media promosi untuk mendukung aktivitas UMKM. Dengan bentuk promosi melalui media sosial diharapkan dapat meningkatkan pangsa pasar penjualan produk menjadi lebih luas.Â
Cara promosi produk yang lebih kreatif dengan menggunakan media sosial diharapkan dapat meningkatkan akses penjualan dan perolehan pendapatan yang lebih timggi bagi pelaku usaha mikro secara umum dan terutama pada UMKM Bubur Cak Slamet di Kabupaten Blitar dan harapannya bisa memberikan contoh bagi usaha-usaha mikro lain di wilayah Blitar.
UMKM Bubur Cak Slamet merupakan salah satu UMKM yang bergerak di bidang kuliner yang berada di Desa Tlogo, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar. UMKM ini menjadi tujuan pengabdian kali ini karena tempatnya yang tidak jauh dari kota.
Pengabdian ini dilakukan dengan metode praktik secara langsung untuk memberikan contoh kepada UMKM Bubur Cak Slamet bagaimana cara membuat promosi yang menarik di media sosial.Â
Selain itu, sekaligus mengenalkan dan mengedukasi cara membuat promosi yang menarik terkait desain dan copywriting dan media sosial apa saja yang bisa digunakan untuk meningkatkan pangsa pasar dan menjangkau konsumen secara lebih luas.
Beberapa hal yang dilakukan dalam membantu promosi UMKM ini yaitu:
- Membuat desain pamflet produk
- Membuat desain konten-konten pada feed Instagram dan story Instargam serta konten-konten yang akan di upload di Facebook
- Membuat copywriting yang mampu memikat konsumen untuk membeli produk di UMKM Bubur Cak Slamet