Semarang (10/08/2021) -- Sudah lebih dari satu tahun, pandemi Covid-19 menyerang seluruh lapisan masyarakat di dunia. Di Indonesia penambahan kasus Covid-19 mengalami kenaikan dan penurunan secara fluktuatif. Dampak dari pandemi ini dirasakan oleh semua kalangan, terlebih bagi pelaku usaha seperti Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) , banyak dari pelaku UMKM merasakan penjualan produk dari usahanya terus mengalami penurunan.Â
Para pelaku UMKM terus berusaha memutar otak agar penjualan dari UMKM dapat kembali normal seperti sebelum memasuki masa pandemi. Salah satu cara paling tepat adalah dengan terus melakukan pemasaran, namun masih banyak pelaku UMKM belum mengetahui strategi pemasaran yang tepat sehingga pemasaran belum dilakukan secara optimal dan masih banyak UMKM yang belum mengenal pemsaran secara digital.
Bersamaan dengan berlangsungnya kegiatan KKN Undip, Elsa Safira (20) salah satu mahasiswa KKN Undip melaksanakan program kerja KKN dengan memberikan sosialisasi kepada pelaku UMKM RW 04 Kelurahan Karangrejo mengenai strategi pemasaran mix 4P dan cara berjualan online melalui marketplace.Â
Sosialisasi ini dilaksanakan pada hari Sabtu (07/08/2021) secara langsung di posko RW 04 Kelurahan Karangrejo dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Sebanyak 12 orang yang hadir dalam kegiatan sosialisasi ini merupakan pelaku UMKM, ketua RW, perangkat RT dan PKK RW 04 Kelurahan Karangrejo.
Tak hanya itu, kegiatan sosialisasi sebagai program kerja KKN ini juga disertai dengan pembagian booklet mengenai cara berjualan melalui marketplace yang berjudul "Tutorial Berjualan Menggunakan Aplikasi Shopee" yang telah disusun lengkap oleh Elsa (20).Â
Booklet tersebut memberikan informasi lengkap panduan untuk berjualan online disertai dengan gambar di setiap tahapan melalui aplikasi Shopee, mulai dari cara mendaftar akun, menambahkan produk, mengirimkan produk, mengatur dan mengelola toko hingga cara penarikan dana dari hasil penjualan. Booklet tersebut dibagikan secara langsung kepada warga RW 04 Kelurahan Karangrejo. Selain itu, buku ini juga dapat diakses melalui digital.
Kegiatan sosialisasi ini mendapat tanggapan positif dari warga RW 04 yang hadir. Hal ini disampaikan oleh Ibu Dewi selaku ibu RW 04, sebagai perwakilan warga RW 04, menyampaikan bahwa kegiatan edukasi strategi pemasaran online untuk UMKM di tengah pandemi ini sangat bermanfaat bagi pelaku UMKM karena dapat membantu UMKM dalam memasarkan produk-produk yang dihasilkannya.
Melalui pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini juga diharapkan dapat mengedukasi dan memberikan dampak yang  positif bagi UMKM di RW 04 Kelurahan Karangrejo. Selain itu juga diharapkan dapat membantu UMKM di RW 04 Kelurahan Karangrejo untuk survive dan terus meningkatkan penjualannya.