Mohon tunggu...
LUKMAN PRASETYO
LUKMAN PRASETYO Mohon Tunggu... Mahasiswa - Saya Merupakan Mahasiswa Aktif Program Studi Sarjana Terapan Akuntansi Manajerial Politeknik Negeri Semarang

Hobi Saya Overthinking, Healling, Pusing

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Knowledge Management pada Perusahaan Bank BNI

4 Desember 2024   13:39 Diperbarui: 4 Desember 2024   13:40 36
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:BNI_logo.svg

Pengertian Knowledge Management

Knowledge management adalah proses sistematis yang membantu organisasi dalam mengidentifikasi, memilih, mengorganisir, dan mendistribusikan pengetahuan yang dimiliki. Ini mencakup pengelolaan pengetahuan eksplisit (yang tertulis dan mudah diakses) dan tacit (yang bersifat pribadi dan sulit diungkapkan) untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas organisasi.

Tujuan

Tujuan utama dari knowledge management adalah untuk meningkatkan kinerja organisasi dengan memfasilitasi akses terhadap informasi yang relevan bagi semua anggota. Dengan demikian, keputusan yang diambil menjadi lebih baik dan lebih cepat.

Fungsi Knowledge Management

Manajemen pengetahuan memiliki beberapa fungsi penting dalam organisasi, antara lain:

  • Pengumpulan Pengetahuan : Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber untuk membangun basis pengetahuan yang kuat.
  • Penyimpanan: Menyimpan pengetahuan agar mudah diakses oleh seluruh anggota organisasi.
  • Distribusi: Menyebarkan pengetahuan kepada individu atau kelompok yang membutuhkannya.
  • Penggunaan Kembali: Memfasilitasi penggunaan kembali pengetahuan yang telah ada untuk efisiensi operasional

Komponen Knowledge Management

Ada tiga komponen utama dalam knowledge management:

1. People (Orang): Individu yang memiliki pengetahuan dan berkomitmen untuk berbagi informasi.

2. Process (Proses): Prosedur dan praktik yang memastikan bahwa pengelolaan pengetahuan berjalan dengan baik.

3. Technology (Teknologi): Alat dan sistem yang mendukung pengumpulan, penyimpanan, dan distribusi pengetahuan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun