Setiap individu memiliki keunikan masing-masing dan tidak ada individu yang sama sekalipun hidup pada lingkungan yang sama. Perbedaan setiap individu tersebut dipengaruhi oleh perbedaan genetik dan perbedaan pengalaman hidup. Slavin (2011) mengatakan bahwa kebanyakan para pakar psikologi perkembangan percaya bahwa alam (nature) dan pengasuhan (nurture) bersatu untuk memengaruhi perkembangan, dengan faktor biologi yang memainkan peran lebih kuat dalam beberapa aspek, seperti perkembangan fisik dan faktor lingkungan yang memainkan peran yang lebih kuat dalam aspek lain  seperti perkembangan moral.Â
Perbedaan perkembangan pada setiap individu tersebut juga akan berpengaruh pada gaya belajar seseorang dimana setiap individu memiliki gaya belajar yang berbeda. Sayangnya perbedaan ini terkadang masih belum diketahui oleh beberapa orang terutama oleh orang tua. Pengertian Gaya belajar secara umum diasumsikan mengacu pada kepribadian-kepribadian, kepercayaan-kepercayaan, pilihan-pilihan, dan perilaku yang digunakan oleh individu untuk membantu dalam belajar mereka dalam situasi yang telah dikondisikan (M. Nur Ghufron dan Rini Risnawita, S, 2012). Kolb dalam Riding dan Rayner, 2022 Â mengatakan bahwa gaya belajar merupakan metode yang dimiliki individu untuk mendapatkan informasi, sehingga pada prinsipnya gaya belajar merupakan bagian integral dalam siklus belajar aktif.
Sebagai orang tua sangat penting mengetahui gaya belajar anak-anak sejak usia dini karena hal tersebut akan berdampak pada sikap atau afektivitasnya dalam belajar. Honey and Mumford (1986) dalam M. Nur Gufron dan Rini Risnawita S (2012) menyebutkan tentang pentingnya setiap individu mengetahui gaya belajar salah satunya adalah dapat membantu meningkatkan kesadaran tentang aktivitas belajar mana yang cocok atau tidak cocok dengan gaya belajar kita.
Pendekatan mengenai gaya belajar sangat beragam dan banyak bentuknya, akan tetapi pendekatan yang lebih sering digunakan adalah modalitas indrawi dimana terdapat tiga gaya belajar yaitu gaya belajar Visual, Auditorial dan Kinestetik. Menurut Dr. Lauren Bradway dan Barbara Albers Hill dalam Dyah Gusrahyani (2012) dipaparkan bahwa, istilah visual, auditory dan kinesthetic diganti dengan istilah Lookers, Listeners dan Movers. Istilah tersebut secara substansi sama, namun terkesan lebih sederhana. Dalam artikel ini akan dijelaskan gaya belajar yang dipaparkan oleh Dyah Gusrahyani (2012) yaitu gaya belajar Looker, Mover dan Listener.
Karakteristik Gaya Belajar Looker
Looker adalah pemelajar visual yang sangat tergantung dengan indera penglihatan ketika menerima informasi. Mereka cenderung melihat objek dengan cepat sehingga koordinasi antara mata dan gerak tangannya sangat baik. Seorang anak yang bersekolah di PAUD yang kecenderungan memiliki gaya belajar Looker akan lebih tertarik pada puzzle, block, menggunting atau menempel gambar dan kegiatan lain yang cenderung melibatkan mata dan tangan. Menggambar dan menulis adalah hal yang mudah bagi looker sebagaimana mereka dengan mudah melihat gambar-gambar seperti, pemandangan gunung, bunga yang sedang mekar dipekarangan dll.Â
Semenjak bayi seseorang sudah memiliki kecenderungan gaya belajar seperti yang diilustrasikan oleh Gusrahyani (2012) bahwa apabila seorang bayi dari lahir memiliki kebiasaan setiap hari bangun di pagi hari saat matahari terbit, karena dia merasa terganggu dengan adanya sinar matahari tersebut sehingga dia terbangun dan melihat cerahnya matahari. Kemudian bayi looker juga suka memperhatikan gerak ibunya apabila datang menghampirinya. Keadaan ini terus berjalan secara konstan dari sini bisa diambil kesimpulan bahwa bayi tersebut akan cenderung menjadi looker. Ketika berusia tiga tahun (BATITA) dia akan lebih menyukai rangsangan-rangsangan visual dibandingkan dengan yang lain dan mereka bisa duduk dengan tenang sambil memperhatikan setiap detail benda-benda yang ada di ruangannya.
Karakteristik Gaya Belajar Listener
Listener merupakan pemelajar auditori dan mereka akan lebih tertarik terhadap segala bunyi termasuk bunyi kata yang diucapkan dibandingkan dengan penglihatan atau sentuhan. Anak yang memiliki kecenderungan listener akan senang berbicara dan dapat dengan mudah mengelaborasi kosakata. Ketika mereka PAUD akan senang sekali bernyanyi dan bercerita. Ilustrasi mengenai kecenderungan gaya belajar listener sejak mereka lahir dipaparkan oleh Gusyahrani bahwa bayi listener bisa tertidur lelap tanpa terganggu cahaya matahari tetapi bayi listener akan sangat sensitive dengan bunyi dan suara seseorang karena dia akan mencari sumber suara tersebut. Ketika mereka di usia BATITA kemampuan berbicaranya cukup baik untuk anak seusianya. Dia akan berbicara dengan boneka atau mengikuti apapun yang diucapkan oleh orangtuanya. BATITA dengan kecenderungan gaya belajar listener akan meniru apapun yang ia dengar.
Karakteristik gaya belajar Mover