Mohon tunggu...
Elli Harahap
Elli Harahap Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa Dakwah Dan Ilmu Komunikasi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Manajemen Pemasaran Program Umroh Dan Haji PT Multazam Wisata Agung Medan

15 April 2025   23:20 Diperbarui: 16 April 2025   09:48 243
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Manajemen Pemasaran Program Umroh dan Haji PT Multazam Wisata Agung Medan 

Oleh : Elli Tri  Hartati Harahap 

A. Pendahuluan

       Manajemen pemasaran bertugas mempengaruhi tingkat, waktu dan komposisi permintaan untuk membantu perusahaan mencapai sasarannya, pada intinya manajemen pemasaran yaitu manajemen permintaan, perusahaan tentunya memiliki tingkat transaksi yang diinginkan dari waktu ke waktu. Bisa saja tidak ada permintaan, permintaan lemah, permintaan cukup, permintaan berlebih dan seterusnya.

       Ibadah haji dan umrah adalah suatu kegiatan kerohanian mengandung makna ucapan syukur, pengorbanan, dan melaksanakan perintah dari Allah. Ibadah haji dan umrah merupakan hal yang baik karena diajarkan untuk menahan hawa nafsu, tenaga yang cukup besar, kesukarelaan dan keikhlas dalam menyisihkan harta, dan lain-lain. Pada kenyataanya ibadah haji dan umrah bukan hanya terdapat di dalam hukum islam saja, melainkan juga telah diatur melalui regulasi hukum positif yang ada di Indonesia. Proses dalam melaksanakan ibadah haji dan umrah di Indonesia juga melalui proses yang cukup panjag mulai dari pendaftaran, pemberangkatan dari Tanah air, penjemputan sampai terbang kembali ke tanah air.

       Meskipun hukumnya sunnah, ibadah umroh menjadi idaman setiap muslim. umroh ini bisa diperoleh secara sempurna dan mendapatkan hasil yang memuaskan. Pemberian pelayanan atau jasa yang baik akan memberi tingkat kepuasan pada para jamaah yang nantinya akan menciptakan loyalitas jama’ah pada pengelola travel. Bila pelayanan atas jasanya diterima sesuai dengan yang diharapkan, maka jasa pelayanan atau kualitas pelayanan dikatakan memuaskan dan baik, sebaliknya jika pelayanan atau jasa yang didapatkan atau diterima lebih rendah dari yang diharapkan, maka kualitas dikatakan buruk.

       Pemasaran bukan hanya dalam hal penjualan barang, namun juga jasa. Pemasaran jasa salah satunya diterapkan dalam sebuah lembaga yang bergerak dibidang penyelenggara ibadah umroh. Salah satunya PT. Multazam Wisata Agung Tour dan Travel lembaga ini terletak di Jl.Titi Papan/Pertahanan No.10 Sei Sikambing-D Medan Sumatera Utara-Indonesia Kode Pos 20119 Telp.061-4576116. PT. Multazam Wisata Agung Tour dan Travel berdiri sejak tahun 1996, dan ditetapkan sebagai penyelenggara perjalanan ibadah umroh pada 20 Juli 2016 dan mempunyai Legalitas SK. Menkumham: AHU-000639.AH.01.01.TAHUN 2016, NPWP SK.Kemenkeu: 02.637.481.9-111.000, Domisili: 09/DP/CISEN/IV/2017 SK UMROH KEP.MENTERI AGAMA RI No; 373 Tahun 2016. Lembaga ini menggunakan manajemen pemasaran dalam jasa penyelenggara Tour dan Travel dalam bidang Haji Khusus, Umroh, Tour Internasional dan Tour Domestik. Bagaimanapun baiknya manajemen pemasaran yang telah direncanakan.

B. PEMBAHASAN 

A. Manajemen Pemasaran

       Menurut Philip Kotler (1997) Manajemen Pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penetapan harga, promosi dan distribusi gagasan, barang, dan jasa untuk menghasilkan pertukaran yang memenuhi sasaransasaran perorangan dan organisasi. Definisi ini memandang manajemen sebagai suatu proses yang meliputi analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian. Bahwa ia mencakup gagasan, barang, dan jasa; bahwa manajemen pemasaran dilandasi oleh gagasan pertukaran, dan bahwa tujuannya adalah menghasilkan kepuasan bagi pihak-pihak yang terlibat.

B. Program Umroh Dan Haji 

       Ibadah haji ialah ibadah yang masuk ke dalam rukun islam kelima. Ibadah haji adalah suatu kewajiban untuk dilaksanakan bagi siapa saja umat muslim yang mampu untuk melaksanakannya baik secara fisik, mental, dan finansial. Ibadah haji sendiri hanya bisa dilangsungkan di satu waktu yakni pada bulan dzulhijah. Definisi haji berdasarkan dengan bahasa adalah berniat untuk setiap hal yang dimuliakan. Adapun berdasarkan istilah haji merupakan pekerjaan khusus yang dilakukan pada suatu waktu tertentu untuk mencapai tujuan yang tertentu pula. Disebutkan juga di dalam kitab Fiqh al-Hajj. haji merupakan al-qasd yang memiliki arti untuk berhajat ataupun berkehendak.Menurut syara’ haji mempunyai arti berhajat untuk berkunjung ke Baitullah al-Haram yang bertujuan untuk mengerjakan kewajiban kepada Allah. Jika dilihat sesuai bahasa, ada yang berpendapat mengenai istilah haji yaitu “Al-qashdu” yang berarti menyengaja dalam melaksanakan sesuatu yang agung atau mendatangi sesuatu. Selain itu ada yang mendefinisikan bahwa haji adalah ziarah ke tempat tertentu, pada waktu tertentu, dan amalan-amalan tertentu untuk niat beribadah.

       Menurut bahasa, umrah ialah “ziarah.” Sedangkan menurut syara’ umroh merupakan menziarai ka’bah, bertawaf di sekeliling ka’bah, bersa’i diantara bukit shafa dan bukit marwah, serta mencukur ataupun mencukur rambut berdasarkan anjuran yang telah ditentukan dan bisa diselenggarakan setiap waktu. Ibadah umrah sendiri dibedakan menjadi dua yakni ibadah umrah sewaktu-waktu, dan ibadah umrah yang dilaksanakan bersama ibadah haji. Oleh sebab itu jika ibadah umrah dilaksanakan bersama ibadah haji maka harus dilakukan di bulan haji juga.

       Adapun Program bimbingan haji dan umroh salah satunya adalah Bimbingan ibadah ataupun manasik haji, Untuk mencapai kekhusyukan ibadah jama’ah haji, PT Multazam Wisata Agung telah menyiapkan secara khusus tim manasik yang akan membimbing jama’ahselama di tanah air. Bimbingan ibadah tersebut di laksanakan dalam bentuk privat atau kolektif yang diadakan mulai dari 3 bulan sebelum keberangkatan. Ketika berada di Arab Saudi para pembimbing akan mendampingi jama’ah dalam menunaikan ibadah haji dan umroh di sana.

C. Manajemen Pemasaran program ibadah haji dan umroh di PT Multazam Wisata Agung Medan 

       Manajemen pemasaran program ibadah haji dan umroh, adalah suatu aktivitas bisnis untuk merencanakan, mempromosikan dan mendistribusikan produk/jasa, yang mampu memuaskan keinginan konsumen. Lembaga yang sudah mulai mengenal bahwa pemasaran merupakan faktor penting untuk mencapai sukses usahanya, akan mengetahui adanya cara dan falsafah baru yang terlihat di dalamnya yang disebut sebagai konsep pemasaran. Manajemen Pemasaran PT Multazam Wisata Agung Medan yaitu:

1. Analisis 

       Bagi sebuah lembaga perlu melakukan analisis terutama pada analisis lingkungan eksternal maupun internal. PT Multazam Wisata Agung Medan menggunakan suatu analisis yakni Analisis SWOT. Analisis SWOT (strenght, weaknesses, opportunities, and threats) adalah suatu teknik yang dirancang khusus untuk membantu mengidentifikasi strategi pemasaran yang harus dijalankan oleh

perusahaan.

       Analisis SWOT merupakan bentuk analisa situasi dan kondisi yang bersifat Oleh karena itu dalam membuat sebuah analisa SWOT, harus didasarkan atas kondisi yang benar-benar terjadi. Analisis SWOT mencakup lingkungan internal dan eksternal perusahaan, yakni berdasarkan wawancara dengan kakak Elda Repelita S.sos sebagai berikut :

a. Kekuatan yang dimiliki oleh PT Multazam Wisata Agung Medan.

- Profesionalitas kerja karyawan yang tinggi.

-  Kenyamanan dalam memberikan pelayanan jasa kepada pelanggan sehingga membuat pelanggan terkesima dan senang dengan travel ini.

b. Kelemahan yang dirasakan oleh PT Multazam Wisata Agung Medan untuk sejauh ini belom merasakan kelemahan apapun karena semua yang telah diterapkan sesuai dengan perencanaan awal, walaupun kesempurnaan hanya milik Allah tetapi Allah telah membantu travel ini berjalan dengan apa yang diharapkan. Kelemahan di PT Multazam Wisata Agung Medan menurut penulis bercampur baurnya di kantor kerja antara laki-laki dan perempuan, yang belum tentu bisa menundukkan pandangan satu sama lain.

c. Peluang yang dirasakan oleh PT Multazam Wisata Agung Medan

a.  Permintaan pelanggan atas produk jasa ibadah umroh semakin meningkat dari tahun ketahun dikarenakan pelayanan jasa yang sangat memuaskan pelanggan.

- PT Multazam Wisata Agung Medan dalam pelaksanaan umroh dibimbing oleh ustadz yang berpengalaman baik di dalam ibadah ataupun bahasa.

- Memakai Airlines yang Conecting Flight sehingga memudahkan jama’ah dalam pengurusan bagasi.

- Pemuka-pemuka agama daerah mau bekerjasama dengan travel untuk menawarkan produk pelayanan haji dan umroh yang dijalankan oleh travel sehingga membuat masyarakat percaya dengan pelayanan yang akan diberikan PT Multazam Wisata Agung Medan.

d. Ancaman yang terjadi pada PT Multazam Wisata Agung Medan

- Keterlambatan Visa

       Apabila jama’ah tertunda berangkat dikarenakan keterlambatan visa itu akan menimbulkan biaya tambahan (cost), seperti penginapan, akomodasi, sebelum berangkat. Adakalanya terutama di masa crowded atau menjelang puasa (Sya’ban, Ramadhan) visa saudi terjadi masalah diantaranya pemberlakuan sistem pengeluaran visa H-1 hal itu sangat merepotkan bagi travel karena visa keluar di sore hari dan penerbangan Jakarta ke daerah sudah habis, maka tidak akan mungkin terbang membawa visa ke daerah pada hari itu juga sementara jama’ah besoknya akan berangkat.

   - Jama’ah sakit atau meninggal di Arab Saudi.

   - Terjadi persaingan pada travel lain yang membuat harga semurahmurahnya sehingga jama’ah ke travel tersebut.

       Metode analisis SWOT dianggap sebagai metode analisis dasar yang berguna untuk melihat suatu permasalahan dari empat sisi yang berbeda, hasil analisis SWOT merupakan arahan untuk mempertahankan kekuatan dan menambah keuntungan dari peluang yang ada sekaligus mengurangi kekurangan dan menghindari ancaman, namun dalam membuat analisis SWOT perusahaan harus menggambarkan kekuatan.

 2. Perencanaan

       Bagi seluruh lembaga yang bergerak dibidang umroh sangat membutuhkan manajemen pemasaran yang baik, agar dapat tercapainya tujuan atau sasaran yang diinginkan, seorang direktur harus memiliki pengetahuan serta wawasan yang luas mengenai manajemen pemasaran, manajer pemasaran di dalam PT Multazam Wisata Agung Medan ini memiliki fungsi untuk bertanggung jawab atas seluruh kegiatan, kinerja, dan prosedur-prosedur yang dipergunakan.

       Dalam perencanaan program ibadah umroh PT Multazam Wisata Agung Medan ada beberapa proses perencanaan seperti yang di Katakan Oleh kk Elda Repelita S.sos bahwa perencanaan yang dilakukan ini merupakan kegiatan atas dasar :

a. Peramalan/ perkiraan. Dalam membuat suatu perencanaan harus dapat meramalkan, atau memperkirakan waktu yang akan datang tentang keadaan pasar, perkembangan situasi konsumen, kebijakan pemerintah dan sebagainya Penetapan tujuan. Setelah melakukan peramalan manajer harus menentukan dengan tegas hasil akhir yang diinginkan, menetapkan tujuan ini merupakan tugas dari perencanaan, tujuan harus dikembangkan untuk menentukan semua kegiatan yang akan dilakukan.

b. Programing. Perencanaan harus menetapkan prosedur kegiatan-kegiatan dan biaya-biaya yang diperlukan untuk setiap kegiatan demi tercapainya tujuan yang diinginkan, manajer memperkuat langkah-langkah tindakan  yang diambil berdasarkan prioritas pelaksanaannya.

3. Implementasi

 Dalam mengimplementasikan setiap program umroh dan haji yang dilakukan PT Multazam Wisata Agung Medan dalam pelaksanannya menerapkan strategi pemasaran yakni dengan cara promosi, seperti :

a. Media Periklanan ( Advertising), spanduk, penyebaran brosur, iklan di media sosial seperti facabook, instagram, whatsaap, uc browser, dan media sosial lainnya yang pada saat ini banyak kalangan muda maupun tua yang lebih sering mennggunakannya. Gunanya untuk mempengaruhi minat terutama kepada pembeli, dengan menyatakan keunggulan bahwa produk yang di hasilkan adalah produk yang terjamin, terpercaya, dan terbukti pelayanannya.

b. Tatap Muka ( Personal Selling ), dalam hal ini calon jama’ah datang langsung ke kantor PT Multazam Wisata Agung Medan, guna menanyakan langsung mengenai hal-hal yang berkaitan dengan umroh.

c. Publisitas (Public Relation), PT Multazam Wisata Agung Medan mempunyai ustadz-ustadz atau pemuka agama yang terpercaya di daerahdaerah untuk menawarkan produk yang di jalankan PT Multazam Wisata Agung Medan, sehingga para masyarakat percaya dan berminat memilih travel tersebut.

4. Pengendalian

       Manajer pemasaran memiliki fungsi pokok lain selain penerapan dan perencanaan, dan dua fungsi lain yang biasa dikenali adalah pengendalian. Pengendalian itu sendiri yakni mengenai pengetahuan yang diperoleh dari fakta-fakta yang yang berasal dari manajemen, yang biasanya bisa dibandingkan antara rencana dan hasil nyatanya. Pengetahuan awal bisa menjadi sumber yang bagus untuk menilai ada atau tidaknya sebuah penyimpangan. Bentuk-bentuk pengendalian pemasaran yang di lakukan PT Multazam Wisata Agung Medan mencakup:

a. Pengendalian Operasioanal atau Rencana Tahunan, yaitu dengan menilai kinerja yang sedang berlangsung dengan rencana tahunan yang telah dibuat sebelumnya dan mengambil tindakan perbaikan jika perlu. Tujuannya untuk memastikan bahwa perusahaan telah mencapai tingkat penjualan,keuntungan, dan sasaran lain yang telah titetapkan dalam rencana tahunannya.

b. Pengendalian strategi, yaitu dengan memastikan apakah strategi atau rencana yang telah disusun cukup efektif dengan kondisi pasar pada saat tertentu.

C. KESIMPULAN

       Manajemen pemasaran program ibadah haji dan umroh, adalah suatu aktivitas bisnis untuk merencanakan, mempromosikan dan mendistribusikan produk/jasa, yang mampu memuaskan keinginan konsumen. Lembaga yang sudah mulai mengenal bahwa pemasaran merupakan faktor penting untuk mencapai sukses usahanya, akan mengetahui adanya cara dan falsafah baru yang terlihat di dalamnya yang disebut sebagai konsep pemasaran. Manajemen Pemasaran PT Multazam Wisata Agung Medan yaitu:

1. Analisis

       Bagi sebuah lembaga perlu melakukan analisis terutama pada analisis lingkungan eksternal maupun internal. PT Multazam Wisata Agung Medan menggunakan suatu analisis yakni Analisis SWOT. Analisis SWOT (strenght, weaknesses, opportunities, and threats) adalah suatu teknik yang dirancang khusus untuk membantu mengidentifikasi strategi pemasaran yang harus dijalankan oleh perusahaan.

2. Perencanaan

       Bagi seluruh lembaga yang bergerak dibidang umroh sangat membutuhkan manajemen pemasaran yang baik, agar dapat tercapainya tujuan atau sasaran yang diinginkan, seorang direktur harus memiliki pengetahuan serta wawasan yang luas mengenai manajemen pemasaran, manajer pemasaran di dalam PT Multazam Wisata Agung Medan ini memiliki fungsi untuk bertanggung jawab atas seluruh kegiatan, kinerja, dan prosedur-prosedur yang dipergunakan.

3. Implementasi

     Dalam mengimplementasikan setiap program umroh dan haji yang dilakukan PT Multazam Wisata Agung Medan dalam pelaksanannya menerapkan strategi pemasaran yakni dengan cara promosi, seperti Media Periklanan,Tatap Muka, Publisitas atau Public Relation (PR).

4. Pengendalian

       Pengendalian itu sendiri yakni mengenai pengetahuan yang diperoleh dari fakta-fakta yang yang berasal dari manajemen, yang biasanya bisa dibandingkan antara rencana dan hasil nyatanya.

D. REFERENSI 

Brosur PT Multazam Wisata Agung Medan, ( Sabtu, 14 September 2019).

Muhammad Nuri, “Pragmatisme Penyelenggaraan Ibadah Haji Di Indonesia,” SALAM: Jurnal Sosial

Dan Budaya Syar-I,  Vol. 1, No. 1 (2014).

 Mansyur Pribadi Retno Widyani, Panduan Ibadah Haji Dan Umrah (Sleman:  swagati press, 2010).

Muhammad Noor, “Haji Dan Umrah,” Jurnal Humaniora Dan Teknologi , Vol.4, No. 1 (2018): 38

Pandji Anoraga, Manajemen Bisnis (Jakarta: PT Rineka Cipta, 1997).

Elda Repelita Nasution S.Sos,   Karyawan PT Multazam Wisata Agung Medan, wawancara pribadi  kantor  PT Multazam Wisata Agung Medan.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun