Mohon tunggu...
Ellena TarisaMuetia
Ellena TarisaMuetia Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Mahasiswa UMM

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Sosialisasi Strategi Pemasaran Berbasis E-Commerce oleh Mahasiswa PMM UMM di Dusun Bonegoro

28 Januari 2021   11:32 Diperbarui: 28 Januari 2021   12:36 212
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Senin, 24 Desember 2020, Mahasiswa PMM UMM Gelombang 14 Kelompok 56 yang beranggotakan Ellena Tarisa Muetia sebagai koordinator, Dwi Berlian Mercury sebagai bendahara, Dewi Meiliana Fajrin sebagai sekretaris, Nanda Dwi Nur Khalimah sebagai humas dan Haryadi Dharmawan sebagai PDD melakukan kegiatan sosialisasi strategi pemasaran yang berbasis e-commerce di Dusun Bonegoro, Desa Ngembal, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang dengan sasaran kegiatannya yaitu ibu PKK. 

Hal yang melatarbelakangi mahasiswa PMM UMM Gelombang 14 kelompok 56 melakukan kegiatan sosialisasi tersebut yaitu karena ibu-ibu PKK di Dusun Bonegoro memiliki beberapa produk namun mereka masih menggunakan sistem pemasaran offline dan kurangnya strategi pemasaran. 

dok. pribadi
dok. pribadi
Produk yang dihasilkan oleh masyarakat di Dusun Bonegoro yaitu permen jelly tomat, brownies nangka, brownies tomat, selai tomat, dan jamur krispi. Pada masa pandemi Covid-19 saat ini kita tidak dibolehkan untuk melakukan banyak kegiatan di luar rumah sehingga kegiatan pemasaran pun seharusnya dilakukan secara online. 

Sistem pemasaran berbasis e-commerce merupakan sistem pemasaran yang menggunakan media sosial sebagai perantara kegiatan pemasaran. Media sosial yang digunakan dalam kegiatan pemasaran yaitu Website, Facebook, Instagram, dan Whatsapp. Kegiatan sosialisasi pemasaran berbasis e-commerce ini dihadiri oleh sekitar 30 masyarakat di Dusun Bonegoro. 

Dalam sosialisasi ini kita tidak hanya menjelaskan tentang strategi pemasaran dan sistem pemasaran online saja, namun kita juga menjelaskan terkait kemasan produk, desain logo, cara membuat media sosial untuk pemasaran. Kemasan produk yang digunakan harus sesuai dengan produknya, seperti untuk produk jamur krispi kemasan yang digunakan bisa berupa standing pouch. 

Logo dalam produk juga penting karena logo tersebut merupakan salah satu ciri khas dari produk. Kegiatan sosialisasi ini mendapatkan respon positif dari masyarakat hal ini dapat dibuktikan dengan antusias dari masyarakat dalam mengikuti kegiatan sosialisasi.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun