Best Practise
Mengasah Keterampilan Mengatur  dengan Membuat Proposal  Kegiatan Proyek Sederhana dalam Rangka Hari Guru Nasional
Kelas 6 SD Al Muslim , Tambun Bekasi
Ella Hayati
Â
Tahap Perencanaan
Â
Â
Pada pembelajaran Ledaership keterampilan mengatur atau managing merupakan salah satu keterampilan yang dipelajari oleh siswa kelas 6 SD.     Kemampuan  mengatur merupakan salah satu dari tujuh keterampilan Leadership yang harus dimiliki oleh seorang khalifah dimuka bumi ini, khalifah yang tugasnya mengatur baik diri sendiri maupun kelak akan menjadi pemimpin, memimpin diri sendiri maupun  memimpin orang lain.  Semuanya itu harus dipelajari dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam keterampilan mengatur banyak hal yang harus diatur seperti; mengatur waktu, uang, ruang, gerak, kegiatan, mesin dan  lain sebagainya.  Siswa kelas 6 SD Al Muslim mempelajari keterampilan mengatur dan mempraktekkannya sebagai manipestasi dalam mempelajari ilmu yang didapatkan dikelas dengan membuat perencanaan proyek sederhana berupa proposal kegiatan proyek Hari Guru nasional.
Hari Guru Nasional adalah momen untuk menghargai jasa para guru yang telah mendidik dan membimbing siswa. Dengan merencanakan sebuah proyek sederhana, siswa kelas 6 SD Al Muslim dapat mengasah keterampilan mengatur, berkolaborasi, dan belajar menyusun proposal kegiatan sebagai langkah awal dalam perencanaan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung kepada siswa dalam merencanakan, membuat, dan mengatur suatu acara. Tentunya untuk melaksanakan sebuah kegiatan proyek membutuhkan sebuah perencanaan yang matang mulai dari menentukan sumber daya manusia, alat, waktu, ruang dan uang dan langkah-langkah proyek semua itu tertuang didalam sebuah perencanaan yang disebut dengan proposal, perencanaan dibuat agar pelaksanaan kegiatan dapat berjalan dengan lancar sesuai harapan.
Kegiatan Hari Guru Nasional dilaksanakan oleh satu level kelas 6 SD Al Muslim yang terdiri dari 4 kelas, dalam pembuatan perencanaan kegiatan Hari Guru Nasional dilakukan secara berkolaborasi dari 4 kelas dengan tahapan yang pertama mereka membentuk susunan panitia yang terdiri dari panitia inti dan beberapa seksi yang dibutuhkan dalam kegiatan Hari Guru Nasioanl. Yang kedua panitia inti dan penanggungjawab seksi mengadakan rapat untuk menentukan waktu, susunan acara, peralatan yang dibutuhkan, anggaran serta langkah-langkah kegiatan proyek.  Ketiga siswa kelas 6 SD Al Muslim  mengajukan  proposal kegiatan Hari Guru Nasional  kepada orang tua siswa level 6, tahap berikutnya adalah masing-masing seksi dan bagian yang tertencantum pada proposal kegiatan HGN mengatur jadwal kegiatan latihan pentas seni yang dikoordinir oleh seksi acara sebagai penanggungjawab acara. Tahap keempat masing-masing seksi dan bendahara kelas membuat laporan kepada ketua ketua pelaksana kegiatan HGN tentang persiapan yang sudah dilakukan sesuai rencana pada proposal.