Mohon tunggu...
Eliza CahyaNur
Eliza CahyaNur Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiwi

Saya seorang mahasiswi dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Program Studi Pendidikan Matematika saya membuat akun ini karena saya ingin mempublish hasil tulisan yang telah saya buat

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Pendidikan

12 Desember 2024   21:50 Diperbarui: 12 Desember 2024   21:57 7
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Nama           : Eliza Cahya Nur Fitriani

Prodi            : Pendidikan Matematika

Pengaruh Lingkungan Keluarga Dalam Pendidikan Anak

Lingkungan keluarga memainkan peran penting dalam pendidikan anak, sering kali dianggap sebagai fondasi utama yang menentukan arah dan keberhasilan akademis mereka. Namun, disisi lain ketika harapan orang tua berhadapan dengan aspirasi individual, konflik dapat muncul. Banyak orang tua yang memiliki ekspetasi tinggi terhadap prestasi anak, berusaha keras agar meciptakan suasana yang mendukung. Namun, tidak jarang harapan tersebut berubah menjadi tekanan berat, memicu perasaan cemas dan frustasi pada anak.       

Lingkungan keluarga merupakan lingkungan pertama dan utama yang mempengaruhi perkembangan dan tingkah laku anak. Di lingkungaan keluarga anak mendapatkan perhatian, kasih saying, dorongan, bimbingan, keteladanan, dan pemenuhan kebutuhan ekonomi dari orang tua sehingga anak dapat mengembangkan segala potensi yang dimilikinya demi perkembangan di masa mendatang (Purnamasari, 2018). Selain itu di dalam keluarga akan ditanamkan nilai-nilai norma hidup dan pada akhirnya akan dipakai oleh anak dalam menumbuhkan pribadi dan harapannya di masa mendatang.

Ada beberapa  aspek yang kompleks terkait hubungan antara keluarga dan pendidikan diantara nya :  pertama, harapan tinngi menjadi beban biasanya penyebab nya yaitu tekanan yang berlebihan dari harapan orang tua itu bisa berdampak penurunan motivasi anak; kedua, keterlibatan yang berlebihan hal ini disebabkan pengawasan yang terlalu intensif dari orang tua dampanknya bisa menyebabkan mengurangi kemandirian anak dan merusak kepercayaan diri mereka sendiri; ketiga, komunikasi yang tidak efektif hal ini disebabkan kurangnya komunikasi antara orang tua dengan anak hal ini dapat menyebabkan anak merasa tidak di hargai oleh orang tua; keempat, stigma dan perbandingan sosial hal ini disebabkan karena lingkungan keluarga yang membandingkan anak dengan saudara maupun teman sebaya hal ini dapat menyebabkan rendah diri dan hilangnya motivasi anak.

Menurut (Saputri & Aminuyati, 2015) Motivasi belajar siswa dapat dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor yang berasal dari diri sendiri yang akan mendorong siswa untuk belajar. Sedangkan faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar yang mendorong siswa untuk belajar, seperti lingkungan keluarga dari siswa. Lingkungan keluarga merupakan lingkungan pendidikan yang paling utama berpengaruh terhadap pendidikan siswa, karena sejak lahir hingga tumbuh dewasa anak mendapatkan pendidikan dari keluarga.

Dalam kenyataan masih banyak kita dapati kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh anggota keluarga dalam mendidik anak-anak nya. Akibat umum yang timbul karena kesalahan-kesalahan pendidikan dalam lingkungan keluarga dapat kita sebut mempertebal perasaan harga diri-kurang pada anak. Masih ada beberapa kasus bahwa orang tua sangat memanjakan anak, tetapi tidak baik pula jika kita tidak memperdulikan kepada anak-anak. Seorang anak yang dimanjakan akan kurang rasa tanggung jawabnya, selalu bersandar dan minta pertolongan kepada orang lain, merasa diri nya tidak akan mamp. Demikian pula anak yang tidak diperdulikan maka anak tersebut akan merasa bahwa diri nya itu tidak berharga, merasa diasingkan oleh orang lain, dan sebaginya. Akibatnya, ia akan berbuat sekehendak hatinya (Bisri Mustofa, S.Sos, 2022).

Selain lingkungan keluarga, faktor-faktor eksternal seperti lingkungan sekolah dan lingkungan sosial juga sangat berperan dalam membentuk minat belajar anak. Suasana sekolah yang menyenangkan dan nyaman, bersama dengan dukungan dari gurunya dan dari temannya bisa meningkatkan minat belajarnya. Guru yang mendidik dengan baik dan teman yang saling mendukung dapat membuat anak merasa termotivasi untuk belajar. Lingkungan sosial yang negative, misalnya dengan teman buruk justru dapat menurunkan minat belajar nya..

Namun, penting untuk di ingat bahwa faktor internal pun sangat berperan dalam pembentukan minat belajar anak. Faktor-faktor internal seperti kemampuan, minat, dan bakat yang dimiliki anak harus dipahami dan didukung oleh orang tua. Orang tua harus memahami unik nya setiap anak dan memberikan dukungan yang tepat untuk mengembangkan minat dan bakat yang ada pada diri anak.

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun