Mohon tunggu...
Eliza QothrunnadaAzzahro
Eliza QothrunnadaAzzahro Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi saya menulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peran Interaksi Sosial dalam Pembelajaran: Menggali Teori Kognitif Lev Vygotsky

29 November 2024   06:51 Diperbarui: 29 November 2024   06:58 37
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Konsep Dasar Teori Kognitif Vygotsky

Lev Vygotsky, seorang psikolog asal Rusia, menekankan bahwa perkembangan kognitif tidak terjadi dalam isolasi, tetapi dipengaruhi oleh lingkungan sosial dan budaya. Ia berpendapat bahwa bahasa dan interaksi sosial adalah kunci dalam proses pembelajaran. Salah satu konsep penting dalam teori Vygotsky adalah Zona Perkembangan Proksimal (ZPD), yaitu jarak antara kemampuan aktual seorang anak (apa yang dapat mereka lakukan secara mandiri) dan kemampuan potensial mereka (apa yang dapat mereka lakukan dengan bantuan orang lain). 

Interaksi Sosial Sebagai Alat Pembelajaran 

Interaksi sosial, baik dengan teman sebaya maupun orang dewasa, berfungsi sebagai alat yang membantu anak untuk mencapai ZPD mereka. Melalui diskusi, kolaborasi, dan bimbingan, anak-anak dapat memperoleh pemahaman yang lebih dalam tentang konsep-konsep yang kompleks. Misalnya, ketika seorang guru menjelaskan suatu materi dan melibatkan siswa dalam tanya jawab, siswa tidak hanya mendengar informasi, tetapi juga terlibat aktif dalam proses belajar. 

Pembelajaran Melalui Kolaborasi

Vygotsky menggarisbawahi pentingnya pembelajaran kolaboratif. Ketika anak-anak bekerja sama, mereka saling berbagi pengetahuan dan strategi, yang memperkaya pengalaman belajar. Dalam kelompok belajar, misalnya, siswa yang lebih memahami suatu konsep dapat membantu teman-teman mereka yang masih kesulitan. Proses ini tidak hanya meningkatkan pemahaman akademis tetapi juga keterampilan sosial, seperti komunikasi dan kerja sama. 

Peran Bahasa dalam Pembelajaran

Bahasa juga merupakan elemen kunci dalam teori Vygotsky. Ia percaya bahwa bahasa tidak hanya sebagai alat komunikasi, tetapi juga sebagai alat untuk berpikir. Melalui bahasa, anak-anak dapat mengekspresikan ide-ide mereka, mendiskusikan pemikiran dengan orang lain, dan membangun pengetahuan baru. Diskusi verbal dalam kelompok belajar dapat memperkuat pemahaman dan memfasilitasi pembelajaran yang lebih mendalam. 

Strategi Pengajaran yang Efektif

Beberapa strategi yang dapat diterapkan dalam pengajaran berdasarkan teori Vygotsky antara lain:

  1. Pembelajaran Berbasis Proyek: Siswa bekerja dalam kelompok untuk menyelesaikan proyek, yang mendorong kolaborasi dan diskusi.
  2. Mentoring dan Bimbingan: Siswa yang lebih mahir membantu teman sebaya, menciptakan dinamika belajar yang saling mendukung.
  3. Diskusi Kelas: Mengadakan diskusi terbuka di kelas untuk mendorong siswa berbagi ide dan pemahaman mereka.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun