
Pendidikan merupakan aspek fundamental dalam mencetak generasi yang unggul dan berkualitas. Proses pembelajaran yang efektif tidak hanya mengandalkan metode ceramah dan teori, tetapi juga perlu dikombinasikan dengan praktik langsung agar peserta didik dapat memahami konsep secara lebih mendalam. Salah satu strategi yang dapat diterapkan dalam pembelajaran adalah pembelajaran berbasis praktikum. Metode ini memberikan pengalaman nyata kepada siswa, memungkinkan mereka untuk mengamati, menganalisis, dan memahami konsep secara langsung melalui kegiatan eksperimen.
SDN 15 Air Kumbang merupakan salah satu sekolah dasar yang terus berupaya meningkatkan kualitas pembelajaran dengan mengadopsi berbagai metode yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Namun, dalam praktiknya, masih ditemukan kendala dalam pembelajaran IPA, terutama dalam memahami konsep pertumbuhan tumbuhan. Berdasarkan observasi awal, banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami faktor-faktor yang mempengaruhi proses perkecambahan, seperti air, udara, cahaya, dan suhu. Hal ini disebabkan karena pembelajaran lebih sering dilakukan secara konvensional dengan ceramah dan membaca buku teks, tanpa memberikan pengalaman langsung kepada siswa.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata tertulis atau lisan dari objek yang diamati . Penelitian kualitatif merupakan studi yang melibatkan keseluruhan situasi atau objek penelitian. Penelitian dilakukan di Kober Peupado Malanuza dengan subjek penelitian anak usia taman kanak-kanak yang berjumblah lima belas orang. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi dilakukan dengan mengamati kegiatan pembelajaran yang dilakukan di Kober Peu Pado Malanuza, wawancara dilakukan dengan guru Kober Peu Pado Malanuza terkait kegiatan eksperimen yang dilakukan dan dokumentasi dilakukan selama kegiatan eksperimen dan proses terjadinya kecambah yang dilakukan anak. Kegiatan penelitian kualitatif dimaksudkan untuk mendeskripsikan dan mengambarkan fenomena-fenomena yang berkaitan dengan aktivitas sains yang dilakukan anak disekolah Kober Peu Pado Malanuza. Penelitian kualitatif ini menggunakan peneliti sebagai instrument kunci untuk meneliti dan mengamati kondisi aktivitas kegiatan sains yang dilakukan anak dan dilaporkan secara bertahap dan secara ilmiah. Adapun dalam kegiatan dalam penelitian ini mengamati dan mendeskripsikan kegiatan sains eksperimen kecambah kacang hijau yang dilakukan anak di TKK Kober Peupado Malanuza. Data dalam penelitian ini dianalisis mengguna miles Huberman yang melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, display data dengan cara menggolongkan, mengorganisir data yang diperlukan dalam penelitian serta membuang data penelitian yang tidak diperlukan dalam penelitian.
Author: Yuliana
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI