Mohon tunggu...
Elis Yohanah
Elis Yohanah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

tetap bersemangat

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pembelajaran Edutaiment Berbantuan Media Papan Simetri Lipat dan Putar Kelas III SD Negeri Sebomenggalan

7 Mei 2024   20:25 Diperbarui: 8 Mei 2024   08:21 334
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hari Kamis, 25 April 2024 kami Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Purworejo melakukan kegiatan simulasi pembelajaran edutaiment berbantuan media papan simetri lipat dan putar pada Tema 7 Perkembangan Teknologi, Sub Tema 2 Perkembangan Teknologi Produksi Pangan, Pembelajaran ke 1 kelas III yang terdiri dari 25 peserta didik  di SD Negeri Sebomenggalan yang terletak di Jl Kol Sugiono No 64, Purworejo, Kec. Purworejo, Kab. Purworejo, Jawa Tengah  dengan muatan terpadunya yaitu matematika. Metode pembelajaran edutaiment merupakan pembelajaran yang menyelipkan permainan ke dalam proses pembelajaran.

Dalam menggunakan metode pembelajaran edutaiment dibantu dengan media papan simetri lipat dan putar. Media ini digunakan untuk membantu siswa dalam memahami pembelajaran tentang simetri lipat dan putar pada bangun datar. Media ini kami buat dengan alat dan bahan yang sederhana. 

Adapun alat yang dibutuhkan yaitu: gunting, pisau, spidol, penggaris.  Sedangkan bahan yang digunakan yaitu: styrofom, kertas origami, lem styrofom, kertas asturo, pin. Cara pembuatanya yaitu: 1) Siapkan styerofom. 2) Tempelkan kertas asturo ke bagian depan dan belakang styorofom yang disesuaikan dengan ukuran. 3) Buatlah sepasang bangun datar menggunakan kertas origami. Jenis bangun datra yang dibuat yaitu: persegi, persegi Panjang, trapesium, belah ketupat, jajar genjang, segitiga, lingkaran, layang-layang. 4) Guntinglah sepasang bangun datar yang sudah dibuat sesuai dengan pola. 5) Bangun datar yang pertama tempelkan di atas media atau papan yang terbuat dari styrofom menggunakan lem styrofom 6) Selanjutnya, bangun datar yang kedua ditempelkan di atas bangun datar pertama. Namun, pada bagian bangun datar yang kedua ini ditempel menggunakan pin di bagian Tengah setiap bidang bangung datar. 7) Tambahkan judul di atas papan dan hiasan agar menarik perhatian peserta didik. 8) Media papan simetri lipat dan putar siap digunakan.

Setelah media pembelajaran dibuat kami juga membuat buku panduan agar peserta didik dan guru mudah digunakan. Adapun langkah-langkah penggunaan media tersebut adalah ketika akan mempraktikan simetri lipat maka bangun datar dilipat dan sisi lipatannya salin berimpit dengan tepat maka dapat di sebut dengan simetri lipat. garis lipatan tersebut dinamakan sumbu simetri. namun jika lipatan tersebut tidak saling berimpit maka bukan simetri lipat. dan apabila akan mempraktikan simeteri putar yaitu apabila bangun datar diputar dari sumbunya sehingga dapat menempati bingkainya seperti bangun datar aslinya makan hal di sebut simetri putar.

Proses pembelajaran edutaiment berbantuan media papan simetri lipat dan putar dilaksanakan seperti berikut: Kegiatan pendahuluan dimulai dengan salam pembuka, berdoa yang dipimpin oleh ketua kelas, mengecek kehadiran siswa yaitu dengan meminta setiap siswa menyampaikan satu kata sifat yang mereka miliki seperti "sopan", "bertanggung jawab", "pemberani", "ceria" dan lain-lain. Dengan penyampaian kata sifat tersebut kami jadikan sebagai motivasi kepada peserta didik untuk tetap menghargai karakter setiap orang yang berbeda-beda dan selalu bersyukur dalam setiap keadaan.

Menuju kegiatan inti kami meminta peserta didik untuk mengamati benda-benda yang ada di ruang kelas dan kemudian peserta didik diminta untuk mengidentifikasi benda mana yang termasuk bangun datar. Banyak sekali benda-benda yang ditemukan peserta didik di kelas seperti benda yang berbentuk persegi panjang yaitu papan tulis, pintu, lemari, buku gambar. Benda yang berbentuk persegi ada jendela, buku tulis, pigura, lantai. Benda yang berbentuk lingkaran yaitu ada jam dinding dan hiasan. Dan masih banyak lagi benda-benda yang mreka temukan di dalam kelas. Dalam kegiatan inti ini kami lebih memfokuskan peserta didik untuk lebih memahami tentang bentuk-bentuk bangun datar. Dengan berbantuan media papan simetri lipat dan putar ini peserta didik lebih mudah memahami bentuk-bentuk bangun datar.

Setelah peserta didik memahaminya kemudian kami menjelaskan tentang simetri lipat. Hal yang pertama kami lakukan yaitu menjelaskan terlebih dahulu tentang pengertian simetri lipat dan putar. Kemudian kami memberikan contoh dan mempraktikan salah satu bangun datar yaitu persegi. 

Sebelumnya kami telah membagikan gambar bangun datar kepada semua peserta didik. Sehingga mereka dapat mempraktikan sendiri. Dalam mempraktikan kami menggunakan media papan simetri lipat dan putar. Setelahnya kami memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menghitung sendiri berapa simetri lipat dan putar yang kami tanyakan menggunakan media papan simetri lipat dan putar. Peserta didik sangat aktif dalam pembelajaran menggunakan media ini.

Selanjutnya peserta didik diberi penguatan materi ini dengan menggunakan lagu pembelajaran yang berisikan dengan nama bangun datar dan jumlah simetri lipatnya dengan konsep nada lagu naik delman. Secara bersama-sama kami menyanyikan lagu ini dnegan iringan musik dan kegaitan selanjutnya sebagai kegiatan penutup yaitu dengan mngukur pemahaman peserta didik menggunakan ice breaking berupa bermain game. Bermain game ini dilakukan secara kelompok. Bagi kelompok yang dapat melewati tantangan dapat melanjutkan misinya yaitu dengan menjawab pertanyaan yang kami buat. Bagi kelompok yang dapat mengumpulkan skor paling banyak dinyatakan sbegain pemenang.

Dari hasil pengamatan kami ketika proses pembelajarn utamanya yaitu pembelajaran edutaiment dengan menggunakan media papan simetri lipat dan putar, peserta didik sangat aktif, dan memudahkan mereka dalam memahami pembelajaran tersbeut. Hal ini ditemukan ketika peserta didik disuruh mencari sendiri dan membuktikan di depan kelas tentang berapa banyaknya simetri lipat dan putar pada bangun datar mereka saling berebut untuk membutikan dan mempraktikannya. Hal ini membuat pembelajaran tidak membosankan dan menarik peserta didik untuk terus mencoba.

Berdasarkan respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan menggunakan media papan simetri lipat dan putar adalah menyenangkan, menarik dan mudah dipahami. Selain peserta didik, guru kelas juga memberikan respon baik yaitu membantu guru dalam menyampaikan materi dengan mudah dan juga pembelajaran edutaiment sangat cocok digunakan di kelas rendah karena anak sedang bberada dalam fase bermain sambil belajar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun