Assalamualaiku Wr.Wb
Salam dan Bahagia
Jumpa lagi dengan saya Elis Parlisa Rahmawati calon guru penggerak angkatan ke -7 Kab. Indramayu
disini saya akan berbagi praktik baik tentang pengimbasan dari tugas aksi nyata modul 1.4 pendidikan guru penggerakÂ
A. Latar Belakang
Untuk membentuk murid yang berprofil pelajar Pancasila tentunya harus didukung oleh ekosistem sekolah yang mendukung keberpihakan pada murid. Hal itu bisa diwujudkan dengan peran dari seluruh warga sekolah agar dapat  tercipta lingkungan belajar ramah anak yang memberikan  kenyaman dan kemerdekaan untuk hidup dan berkembang bagi murid sesuai kodratnya. Lingkungan sekolah yang ramah anak harus  terhindar dari segala macam bentuk penindasan, bulliying, kekerasan dan pemaksaan
Seyogyanyalah sekolah harus berusaha menciptakan ekosistem  pendidikan yang mampu membiasakan setiap warganya  melakukan budaya positif. Budaya yang mengakar kuat dan menjadi sebuah kebiasaan yang dilakukan secara kontinyu dan sadar oleh setiap warga sekolah. Semua pihak harus terlibat dalam pembiasaan positif tersebut. Pembiasaan positif yang merupakan budaya positif akan menjadi budaya sekolah. Budaya yang dipegang teguh oleh seluruh warga sekolah dan menjadi kekhasan dari sekolah tersebut. Budaya tersebut harus terintegrasi dalam seluruh kegiatan sekolah, baik dalam pra pembelajaran, proses pembelajaran ataupun di luar kelas.
Pertanyaannya adalah bagaimana budaya positif dapat tumbuh dan tertanam dalam setiap proses pembelajaran dan menjadi kebiasaan sehari-hari? Harapannya jika budaya positif mangaka kuat  dalam diri setiap peserta didik, maka secara tercipta profil pelajar pancasila.
B. Tujuan
- Menumbuhkan budaya positif di lingkungan kelas/sekolah
- Menumbuhkan nilai-nilai profil pelajar pancasila pada diri murid melalui kegiatan pembelajaran.
C. Tolak Ukur
- Murid  mampu membuat keyakinan kelas sesuai dengan nilai-nilai kebajikan universal yang diyakini kemudian  dipasang dinding kelas.
- Murid  dapat mengaplikasikan nilai-nilai dari setiap dimensi profil pelajar pancasila secara sadar dan kontinyu dalam proses belajar dan kehidupan sehari-hari
D. Linimasa tindakan yang dilakukan