Mengadopsi pola pendidikan karakter Yunani dan Yahudi menjadi keuntungan tersendiri, sebab cara belajar, cara mendidik, cara membesarkan, mengajarkan tentang berperilaku yang baik dalam mendewasakan, selain itu polah makan, minum, dengan memilih makan yang memiliki nutrisi atau protein tinggi bagi anak.
Mengasah kemampuan anak mendapatkan pendidikan dan pengetahuan itu menjadi kebanggaan tersendiri bagi orang tua sebagai sarana dalam membesarkan, mendidik, berjuang, tetapi juga harus diimbangi dengan pendidikan karakter.
Mengasah kemampuan anak-anak di usia 2-7 tahun, mendidik anak saat daya ingatnya tajam, diimbangi karakter yang kuat. Memori anak-anak itu tajam semakin sering mereka melihat, mendengar, melalui sarana media sesuai dengan berulang-ulang semakin teringat dalam memori mereka.
Dengan memori yang tajam, wajar jika banyak orang tua memanfaatkan teknologi sebagai sarana dan prasarana dalam keluarga sebagai alat/media belajar. Pendidikan masa kini lebih kreativitas inovatif dan memiliki makna fundamentalis untuk meningkatkan kemampuan berpikir self memori sangat kuat.
Selain itu pendidikan karakter menurut tradisi orang-orang Yunani dan Yahudi begitu kental dengan budaya, adat, istiadat, ras, golongan, selain dikenal bangsa pilihan Tuhan, persaingan di dunia internasional sangat penting dalam penerapan pendidikan karakter yang dimilikinya.
"Karakter didefinisikan dalam dua bagian
penting secara etimologi dalam tradisi Yunani: 1. Karakter "karasso" berarti bentuk dasar, atau cetak biru "blue print" dari keperibadian seseorang yang dibawa sejak lahir, karena masih bersifat dasar maka masih bisa dikembangkan.
2. Karakter dalam etimologi dan tradisi Yahudi: Karakter adalah bentuk kepribadian seseorang yang tidak bisa terselami, dan terkuasai, seperti lautan yang dapat bergejolak dan berubah bentuk tanpa bisa dikendalikan oleh manusia.
Pendidikan karakter dalam tradisi Yahudi sangat kuat dengan pengajaran dan pengetahuan, pendidikan juga dimulai keluarga atau rumah, ibu sebagai figur guru yang berperan penting dalam memberikan pendidikan karakter bagi anak. Selain itu, itu anak-anak juga belajar di sinagoge sebagai pusat pendidikan.Â
Karakter adalah kepribadian seseorang, sebagai hasil perpaduan dari sifat dasar yang bersumber dari bawaan sejak lahir "Given Character" dengan sifat dasar sebagai hasil pilihan keputusan yang diambil "Gotten Character".
Life Principles Adalah: