Mohon tunggu...
Elisda Malaihollo
Elisda Malaihollo Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswi Ilmu Komunikasi Atma Jaya Yogyakarta

Saya memiliki minat dalam bidang visualisasi dengan demikian hobi saya mengacu pada proses melakukan editing, designing, dsb

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Manajemen Media Kini Lifestyle dalam Menggali Potensi Lokal

2 Oktober 2024   02:17 Diperbarui: 2 Oktober 2024   02:17 8
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kini Lifestyle merupakan media yang didirikan oleh Karavan Media Network & Research yang keduanya memiliki dua unit perusahaan, yaitu Karavan Media Hybrid dan Configured Indonesia. Berlokasi di Jl Adi Sucipto No. 146 Jajar, Laweyan Surakarta Jawa Tengah dan sebagai bagian dari masyarakat Solo, Kini Lifestyle berfokus pada peliputan tempat-tempat yang menarik dan indah di kota Solo, terlebih khusus tempat yang kurang mendapatkan atensi secara luas. Didirikan tahun 2024, Kini Lifestyle berpegang pada misi untuk menelusuri potensi bisnis lokal yang sering kali terabaikan di tengah dinamika kehidupan perkotaan. 

Penyebaran konten dilakukan di media sosial Instagram, Kini Lifestyle telah memperoleh pengikut sebesar 2.035 dengan 33 postingan. Kepemimpinan dan struktur hierarki memainkan peran penting pada lancarnya kegiatan Kini Lifestyle. 

Dimulai dari, CEO Karavan Media Network & Research, Manajer Configured Indonesia, Manajer Karavan Media Hybrid, Koordinator media Kini Lifestyle, petugas penelitian dan pengembangan masyarakat, ahli strategi program dan konten, konten kreator, desainer grafik.

Struktur hierarki dibentuk guna mengatur, memproduksi dan mendistribusikan 10 konten Kini Lifestyle Media. Pertama, Gastro; konten yang berfokus pada makanan dan minuman, meliputi rekomendasi tempat makan legendaris dan ramai diperbincangkan, makanan tradisional, serta informasi menu. Kedua, Elok; berfokus pada konten kesehatan dan kecantikan yang dinilai Kini Lifestyle sebagai kunci utama menikmati dan merayakan hidup. 

Ketiga, Serasi; Konten tentang gaya dan fashion meliputi showcase brand, kisah di balik rancangan pakaian, serta insipirasi dan tren fashion. Keempat, Destinasi; perhotelan, sorotan, perjalanan dan kreasi isi konten destinasi meliputi aktivitas penelusuran lokasi dan menjelajah kota. Kelima, medium; konsep konten tentang seni, kultur dan hiburan isi konten biasanya meliput acara yang diadakan di kota Solo. 

Keenam, Story Behind; konten yang fokus membahas sejarah dan membedah mitos di daerah kota Solo. Ketujuh, Anantara; konten yang bertujuan mebginformasikan kemajuan teknologi. Kedelapan, Potrait; konten yang berfokus menggali gagasan serta inspirasi melalui sesosok figur dari berbagai keahlian dan profesi. Kesembilan, Good Living; konten tentang desain interior dan eksterior rumah, peralatan rumah berbasis teknologi, dan kerajinan tangan. Kesepuluh, Dinasti; isi konten meliputi cara mengatur uang, investasi dan mengenalkan produk-produk keuangan sebagai pacuan bisnis.

STP sebagai strategi pemasaran turut menjadi hal penting yang harus diperhatikan sebuah media. Segmenting meliputi demografis, geografis, psikografis dan perilaku konsumen. Segmentasi Demografis Kini Lifestyle dari segi konten-konten di Instagram menargetkan generasi milenial berumur 26 hingga 43 tahun dan awal generasi Z dengan rentang umur 17 hingga 25 tahun dan berfokus pada individu yang sudah memiliki pendapatan. 

Aspek geografis mengutamakan daerah Kota Solo, namun memungkinkan jangkauan yang lebih luas bagi turis, mengingat konten Kini Lifestyle banyak meliput tentang tempat bersejarah dan legendaris di Kota Solo. Segmentasi Psikografis, berfokus pada individu dengan gaya hidup eksploratif, tertarik menjelajahi berbagai lokasi, dan ingin terlibat di dalam aktivitas menarik. Segmentasi Perilaku, ditujukan pada audiens yang sering mengunjungi tempat-tempat baru.

Targetting Kini Lifestyle merujuk pada individu yang ingin mengetahui informasi tentang tempat-tempat terkenal dan legendaris serta aktivitas yang menarik di Kota Solo. STP terakhir terkait dengan positioning atau cara Kini Lifestyle memposisikan brand medianya sebagai media yang mampu menceritakan selak beluk kota Solo dengan cara yang menarik dari segi isi maupun tampilan visualnya. 

Dengan demikian Kini Lifestyle memiliki potensi unggulan sebagai media yang mampu memperkenalkan keindahan dan keunikan Kota Solo melalui pendekatan konten yang beragam dan menarik. 

Berangkat dari aspek lokal yang sering terabaikan, membawa Kini Lifestyle menjadi jembatan antara masyarakat dan wisatawan, serta dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi lokal. Lewat kuatnya Kerjasama dengan komunitas lokal dan meningkatkan interaksi dengan audiens melalui media sosial Instagram akan semakin memperkuat posisi Kini Lifestyle sebagai media lokal.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun