Â
Pada saat ini minat belajar, tingkat kreativitas dan karakter anak jenjang TK dan SD terbilang masih rendah dan perlu adanya pengembangan. Oleh karena itu melalui mata kuliah pengantar kolaborasi keilmuan mahasiswa UNAIR memiliki project untuk meningkatkan minat belajar, kreativitas, serta pengembangan karakter anak tingkat TK dan SD di Panti Asuhan An Najah. Panti asuhan adalah sebuah lembaga pengganti fungsi orang tua bagi anak-anak yang kehilangan ayah, ibu ataupun keduanya. terlantar dan memiliki tanggung jawab dalam memberikan pelayanan kesejahteraan sosial bagi anak- anak terlantar terutama kebutuhan fisik, mental, dan sosial pada anak asuh supaya mereka memiliki kesempatan untuk mengembangkan dirinya dan menjadi generasi penerus cita- cita bangsa.    Panti asuhan An-Najah mengizinkan mahasiswa Universitas Airlangga untuk melakukan tugas project pada mata kuliah pengantar kolaborasi keilmuan kelas E-1.5, mahasiswa yang melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat merupakan mahasiswa semester 2 dari angkatan tahun 2021. Tujuan diadakannya projek ini adalah untuk membantu para anak-anak panti dalam proses belajar mengajar. Pemilik panti asuhan mengizinkan dikarenakan menurut pemilik panti perlu adanya orang baru untuk membantu proses belajar anak panti. Pengajaran yang kami ajarkan kepada anak-anak panti tersebut seperti belajar berhitung, matematika dasar, perkalian, pembagian, bahasa inggris, sains, IPA, pengetahuan dasar, games, bernyanyi dan lain sebagainya.Â
    Kira-kira sebanyak 20 anak di panti asuhan An-Najah telah mengikuti rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh salah satu kelompok mata kuliah umum Pengantar Kolaborasi Keilmuan selama tiga pertemuan berturut-turut. Pada pertemuan pertama, kegiatan implementasi masih berfokus pada cara untuk dapat mengakrabkan diri dan mengenal anak-anak panti asuhan dengan baik. Kegiatan di hari pertama berupa pengenalan diri baik dari para mahasiswa maupun anak-anak panti asuhan. Selanjutnya adalah pengadaan games atau permainan bersama untuk dapat mengajak setiap anak semakin tertarik dan berpartisipasi dalam kegiatan. Selain itu pada games tersebut juga diselingi dengan tanya jawab kecil untuk mengukur rata-rata kemampuan akademik yang dimiliki anak-anak panti asuhan An-Najah. Selain itu pembiasaan untuk berdoa sebelum dan setelah belajar serta praktik cuci tangan dengan sabun dan air mengalir juga dipraktikkan kepada setiap anak-anak yang berpartisipasi untuk membangun kebiasaan baik mereka.Â
    Anak anak panti asuhan An-najah sangat senang kedatangan kami, selain memberi materi kepada anak anak panti kami juga melakukan sebuah pencerahan berupa motivasi untuk anak anak panti agar terus giat belajar dan mengurangi untuk bermain gadget. Menasehati anak anak tersebut untuk lebih mengutamakan belajar daripada bermain-main agar mereka dapat menjadi penerus bangsa kelak. Mereka sangat mudah beradaptasi bersama, mereka selalu aktif dalam kegiatan. Saling mengingatkan juga sesama teman-teman nya jika diantara mereka ada yang asik
   Seluruh rangkaian acara Pengabdian Masyarakat ini bisa dikatakan berjalan dengan lancar, meskipun beberapa plan tidak berjalan sesuai dengan rencana, namun secara keseluruhan kegiatan berjalan dengan baik. Kami sebagai Mahasiswa/i bisa memberikan ilmu yang kami punya kepada anak-anak di Panti Asuhan An-Najah  sebagaimana sesuai dengan pemenuhan tugas PDB pada matakuliah Pengantar kolaborasi dan keilmuan dan anak-anak bisa menerima ilmu,nasehat dan dukungan dari kami sebagai mahasiswa pengabdian masyarakat, dan disamping itu kami sebagai mahasiswa juga tentunya mendapatkan ilmu dan pelajaran lebih dari kegiatan ini.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H