Mohon tunggu...
Elisa Koraag
Elisa Koraag Mohon Tunggu... Freelancer - Akun Kompasiana ke dua

Perempuan yang suka berkawan

Selanjutnya

Tutup

Money

Briefer, IGICO, dan Rumah Perubahan Beri Penghargaan 10 Brand Pemberdaya UKM

16 Maret 2022   08:16 Diperbarui: 16 Maret 2022   08:25 187
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penghargaan kepada 10 brand yang konsisten memberdayakan pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) melalui berbagai upaya agar segmen usaha tersebut berkembang dan meningkatkan skala usahanya. Diberikan Briefer yang berkolaborasi dengan IGICO Advisory dan Rumah Perubahan. Penghargaan ini merupakan bagian dari rangkaian acara seminar diskusi, pameran UKM dan coaching clinic "Empowering SMEs to Recover Stronger" yang digelar secara hybrid pada Jumat (11/3/2022) dengan mengundang korporasi, brand, praktisi bisnis dan pelaku UKM.

Menteri Perdagangan RI Muhammad Lutfi, sebagai keynote speech membuka acara dengan  mengatakan bahwa kolaborasi dan inovasi adalah kunci utama perkembangan usaha kecil dan menengah (UKM), dimana dukungan dan peran serta dari berbagai pihak terkait diperlukan agar UKM bisa bersaing di ranah global mulai dari pemasaran hingga teknologi digital.

Founder sekaligus Chief Executive Officer Briefer Aditya Sani mengatakan selama ini tak sedikit brand yang secara berkesinambungan mengembangkan dan menggerakkan pelaku UKM. Baik melalui edukasi pengembangan usaha, maupun berbagai macam bentuk fasilitasi dalam memberdayakan UKM di Indonesia.

Hal itu tak terlepas dari posisi UKM yang sangat strategis, yakni sebagai tulang punggung ekonomi negara. Pasalnya UKM menyedot porsi 90% lebih terhadap total pelaku usaha di Tanah Air, pun demikian dengan kontribusi terhadap penyerapan tenaga kerja. Segmen UKM juga berkontribusi hingga 61% terhadap PDB.

"Oleh karena itu, penghargaan ini kami berikan terhadap brand karena telah berkontribusi dalam pemberdayaan pelaku usaha di segmen UKM. Upaya tersebut harus diapresiasi karena menggambarkan kolaborasi dalam pembangunan ekonomi di mana pelaku usaha skala besar, juga pemerintah dapat mendorong dan menopang pertumbuhan pelaku ekonomi di segmen yang jauh lebih kecil," tutur Aditya.

Penghargaan diberikan kepada brand dari berbagai kategori, yaitu Perbankan Konvensional, Perbankan Syariah, E-Commerce, E-Payment, Ride Hailing, Logistic Service, Penyelenggara Internet, Media, Pemerintah Kota dan Pemerintah Provinsi.

Aditya menjelaskan kriteria penilaian yang menjadi dasar dari pemberian penghargaan ini adalah aktivitas kampanye komunikasi, komitmen beraksi, dan berbagai inovasi yang diciptakan untuk membantu pelaku UKM. Juga dampak yang berkelanjutan atas berbagai aktivitas dari brand kepada pelaku UKM di Indonesia.

Briefer bersama IGICO dan Rumah Perubahan berharap, penghargaan ini akan menjadi pendorong dan motivasi bagi para pemilik brand agar terus berupaya secara konsisten bertumbuh, terutama di tengah situasi pandemi yang masih berlangsung.

Pemberian penghargaan tersebut dilaksanakan pada Jumat, 11 Maret 2022 pukul 11.00 s.d 11.30 WIB di Rumah Victoria, Rumah Perubahan Jakarta Escape.

Adapun penghargaan Brand Pemberdaya UKM diberikan kepada:

Kategori Bank Konvensional - Bank BRI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun