Mohon tunggu...
Elisa Koraag
Elisa Koraag Mohon Tunggu... Freelancer - Akun Kompasiana ke dua

Perempuan yang suka berkawan

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Bau Badan, Bikin Ilfil

30 November 2019   01:01 Diperbarui: 30 November 2019   01:06 215
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pernah, berada di situasi di mana tercium bau badan yang nggak enak? Beberapa waktu lalu, saya diundang peluncuran trailer sebuah film. Bertempat di sebuah plaza di Jakarta Pusat.

Memasuki plaza ini, langsung tercium keharuman. Berpapasan dengan pengunjung, juga tercium aroma yang wangi. Pokoknya senang deh. Lihat toko-toko bermerk. Pengunjungnya modis dan harum.

Celakanya, situasi dan kondisinya berbanding terbalik saat masuk bioskop. Penonton belum penuh, hidung saya sudah mencium bau badan yang nggak enak. Asli saya langsung pusing dan mual. Sempat kesal dan jengkel sama diri sendiri karena melihat orang lain santai saja. Apa cuma hidung saya yang mencium?

Saya duduk, di barisan G di nomor Kursi 8. Di Kursi no 7,6 sudah terisi, perempuan. Lalu di sebelah saya di kursi no 9,10 juga perempuan. Dan bau badan itu makin menyengat. Saya mencari-cari minyak kayu putih di tas nggak ketemu. Kok bukan minyak wangi? Takut ada yang tersinggung.

Aneh yah? Yang bau badan orang lain, saya tetap punya perasaan nggak enak kalau orang tahu saya mencium bau badannya. Padahal, saya nggak tahu yang mana. Akhirnya, berulang-ulang saya mencium lengan sendiri. Body lotion yang saya pakai lumayan wangi.

Bicara bau badan, ada pertanyaan yang menggelitik saya. Yang bersangkutan tahu nggak sih kalau badannya bau? Dari banyak artikel yang saya baca, umumnya mereka tahu. Bahkan sebagian menjadi rendah diri karena bau badan.

Saya, satu yang beruntung, nggak memiliki bau badan yang nggak enak. Anak perempuan saya memiliki bau badan nggak enak. Saya melarangnya menggunakan deodorant. Usianya Baru 16 tahun.

Saya memberikan MBK- Menghilangkan Bau Ketiak. Semacam bedak tabur yang mengandung tawas. Ini efektif menghilangkan bau badan sesaat. Minimal saat anak saya beraktivitas, tidak menyebarkan bau yang nggak enak.

Di rumah, saya bawel banget soal kebersihan. Bila anak-anak, pulang dari manapun saya akan terus mengingatkan untuk masuk kamar mandi dan bersih-bersih. Mau mandinya nanti dulu, nggak apa-apa tapi harus cuci tangan, cuci ketiak, dan cuci muka.

Anak saya suka bertanya, kok bisa sih Mama badannya nggak bau asem? Biarpun pulang beraktivitas. Lah saya juga gak tahu. Lebih mudah mencari penyebab berbau badan nggak enak daripada mencari tidak berbau badan.

Logikanya, bau nggak enak datang dari sesuatu yang nggak bersih. Tapi masa sih yang datang ke bioskop nggak pada mandi? Atau, emang ke luar rumah, nggak mandi dulu? 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun