Cara memerngi hoax adalah dengan sadar akan bahaya dari hoax tersebut. Hoax datang dari masyarakat, maka masyarakat pula yang mampu mengatasinya.
Kemunculan istilah prosumerisme menghadirkan istilah citizen journalism atau jurnalisme masyarakat.Â
Istilah ini berarti bahwa selain mengonsumsi informasi, ternyata masyarakat saat ini juga aktif untuk memproduksi informasi. Baik informasi pribadi, informasi formal, atau berbagai informasi lainnya.
Hanya dengan berbekal alat komunikasi seperti gadget dan dibantu dengan adanya internet, berbagai lapisan masyarakat di dunia dapat memproduksi informasi.
Kemudian, informasi yang mereka buat dapat dikonsumsi oleh orang lain atau sebaliknya, yaitu mengonsumsi informasi orang lain.
Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa informasi yang diakses bisa saja informasi yang tidak benar. Akses yang bebas dan sangat cepat membuat informasi apa saja dapat tersebar oleh berbagai kalangan masyarakat.Â
Hoax
Informasi-informasi tidak benar ini istilah lainnya adalah hoax. Hoax adalah informasi yang tidak benar adanya atau tidak bisa dibuktikan kebenarannya.
Informasi bohong tersebut disebarkan oleh oknum-oknum tertentu dengan berbagai tujuan atau kepentingan pribadi mereka.
Hoax sendiri sudah ada sejak abad ke-7. Pada abad ini hoax merupakan istilah yang digunakan dalam bidang kritik seni, "satir art hoax," yang kemudian menjadi "satir hoax" (Hendra, 2020: 22)Â
Hoax artinya berita bohong, yang tujuannya adalah untuk mengolok-olok, bahan lelucon, menjatuhkan pesaing (black campaign), promosi dengan penipuan, dan kritik tajam.