Mohon tunggu...
Lilik Fatimah Azzahra
Lilik Fatimah Azzahra Mohon Tunggu... Wiraswasta - Wiraswasta

Seorang ibu yang suka membaca dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Bungsuku, Meraih S1 di Usia 20 Tahun dengan IPK Sempurna!

2 Januari 2020   05:18 Diperbarui: 2 Januari 2020   05:27 1338
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber:blog.unioneprofessionisti.com

Sebelum menuturkan momen bahagia ini, izinkan saya menyampaikan satu hal, saya menuliskan artikel ini bukan berarti saya hendak pamer atau jumawa. Saya hanya ingin berbagi kisah yang barangkali bisa dipetik hikmahnya oleh para pembaca tercinta Kompasiana.

Suka Duka Menjadi Single Mom

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa saya adalah seorang Single Mom dengan 4 orang anak di bawah pengasuhan saya. Saya memilih menjalani biduk kehidupan seorang diri. Yang kala itu---dengan anak-anak masih kecil-kecil di dalam pelukan saya.

Saya berpisah dari suami sejak tahun 2002.

Apakah saya bisa melampaui jalan panjang selama 18 tahun tanpa kendala?

Tentu saja tidak. Saya sempat berdarah-darah memperjuangkan hidup saya bersama anak-anak. Saya pernah harus banting tulang, dari pagi hingga larut malam tanpa jeda selama bertahun-tahun demi mengumpulkan rezeki tidak hanya untuk mengisi perut 4 orang anak, melainkan juga untuk pendidikan sekolah anak-anak saya.

Dan alhamdulillah, meski banyak yang meragukan kemampuan saya sebagai ibu tunggal yang hanya lulusan SMU---yang notabene tidak memiliki pekerjaan tetap, saya tetap merasa optimis bahwa saya pasti bisa melewati semuanya dengan baik. Dengan seizin dan campur tangan Allah, tentunya. Tuhan yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang.

Dan, kasih sayang Allah sungguh tiada terbilang. Dia selalu ada bersama saya. Mendengar semua doa-doa saya. Sekalipun hidup yang saya alami di mata kebanyakan orang terlihat begitu berat. Saya pantang menyurutkan langkah. Saya terus saja berjalan, menggandeng anak-anak saya dengan diiringi ucapan basmallah, bismillahirrohmanirrohim, yang selalu tertanam di dalam jiwa raga saya.

Usaha Tidak Akan Pernah Mengkhianati Hasil

Saya selalu meyakini akan hal ini, bahwa seberapa besar usaha yang kita lakukan, sebesar itu pula hasil yang akan kita dapatkan.

Quote ini saya terapkan tidak saja terhadap diri saya sendiri selaku ibu tunggal yang berperan ganda, tetapi juga terhadap keempat anak saya. Saya tidak bosan mengatakan kepada mereka, "Jika kalian ingin hidup lebih baik, maka benahi dan perbaiki diri serta usaha kalian. Jika ingin menjadi orang yang berhasil di hari depan nanti, maka berakit-rakitlah ke hulu. Jangan mudah menyerah atau mengeluh."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun