Mohon tunggu...
IDRIS ELRUMI
IDRIS ELRUMI Mohon Tunggu... Full Time Blogger - PENDIDIK

Belajar mengembangkan literasi dan menyalurkan hobi

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Membangun Semangat Belajar Anak Melalui Praktik dan Uji Coba

17 Januari 2018   10:53 Diperbarui: 17 Januari 2018   11:09 854
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Setiap anak memiliki potensi yang besar dalam membangun bangsa, belajar adalah salah satu cara efisien untuk meningkatkan kecerdasan dan dapat membangun energi positif bagi pembangunan ataupun kemajuan bangsa. Belajar memiliki pengaruh besar dalam mencetak generasi penerus yang cerdas, aktif maupun inovatif.

Belajar bisa dilakukan berbagai cara diantaranya, belajar membaca materi dan belajar melalui praktik. Kegiatan belajar ini dilakukan disekolah, melalui pengajaran dan bimbingan oleh tenaga pendidik.

Tenaga pendidik berfungsi sinergis terhadap kemampuan siswa. Tenaga pendidik harus mampu menyampaikan materi ajar dengan semaksimal mungkin.

Selain tenaga pendidik mampu menyampaikan materi, harus pula di iringi dengan praktik. Biasanya seorang murid mengalami kejenuhan dalam belajar, terlebih apalagi mereka hanya belajar dengan asupan materi saja. Hal itu telah di rasakan pada saya sebagai tenaga pendidik. Ternyata, hampir rata-rata seorang murid ketika melakukan refleksi lebih menyukai praktik atau uji coba dibandingkan dengan materi. Mereka lebih bersemangat dan antusias dalam belajar.

dokpri
dokpri
Tenaga pendidik harus mampu menyeimbangkan gaya belajar yang dilakukan, sehingga murid tidak mengalami kejenuhan. Salah satunya itu tadi dengan melakukan praktik atau uji coba. Misalkan, si anak diajarkan materi terlebih dahulu kemudian dibarengi praktik yang berkaitan dari materi tersebut. 

Hasilnya si anak lebih bersemangat mengikuti sesi pembelajaran.Selain itu menambah pengalaman anak, dan juga meningkatkan perkembangan otak anak.
Cara pembelajaran seperti ini biasanya jarang dilakukan oleh tenaga pendidik, dengan alasan tidak ada waktu atau tidak adanya bahan untuk praktikum ataupun dengan alasan lainnya. 

Padahal tenaga pendidik ditintut untuk kreatif dan memberikan inovasi baru dalam pembelajaran.
Anak diberikan pembekalan pengetahuan yang cukup sebelum melakukan percobaan, agar percobaan atau praktiknya dapat terlaksana dengan baik dan lancar.selain itu, guru memberikan bimbingan ataupun arahan kepada murid supaya tidak terjadi miskomunikasi antara murid dengan guru.

Kemudian, setelah melakukan percobaan anak ditugaskan untuk mengisi laporan percobaan baik secara kelompok ataupun mandiri.

Setelah itu, guru menyimpulkan dan merefleksi hasil pembelajaran melaui praktikum yang sudah dilaksanakan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun