Mohon tunggu...
Elchi Sipayung
Elchi Sipayung Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Palangkaraya

I'm a human, just it:)

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Strategi Pemasaran Perusahaan Rocket Chicken di Kancah Internasional Khususnya di Negara Singapura

19 Mei 2024   12:11 Diperbarui: 23 Mei 2024   16:20 258
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar: Rocket Chicken

Rocket Chicken adalah perusahaan wiralaba/franchise yang bergerak di bisang fast food restaurant, dengan berbagai produk unggulan seperti , Fried Chicken, Burger, Steak, yang memiliki konsep menyajikan makanan sehat, berkualitas, halal, dan cita rasa yang khas, serta harga yang relatif terjangkau bagi semua kalangan masyarakat. Presiden direktur Rocket Chicken yakni Bapak Nurul merupakan mantan cleaning service California Fried Chicken (CFC) di Semarang, Jawa Tengah. Dari seorang bersih-bersih resto cepat saji, kini beliau memiliki restoran makanan cepat saji sendiri.

Konsep Memperluas Bisnis ke Kancah Interrnasional

Konsep memperluas bisnis ke kancah internasional melibatkan kegiatan tukar-menukar baik barang maupun jasa yang melewati batas-batas negara. Bisnis internasional adalah suatu kegiatan yang memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan keterlibatannya di pasar internasional, meningkatkan kinerja kompetitif, dan memperluas kegiatan bisnis di luar wilayah domestik. Dalam bisnis internasional, terdapat dua transaksi berbeda, yaitu perdagangan internasional dan pemasaran internasional. Perusahaan yang ingin memperluas bisnisnya ke kancah internasional harus memiliki strategi yang efektif untuk mengintegrasikan keseluruhan manajemen operasional agar efektif dan efisien. Strategi bisnis internasional melibatkan orientasi perusahaan, kebijakan produk, penetapan harga, promosi, branding, dan distribusi produk, serta harus mempertahankan kelangsungan perusahaan di dalam negeri. Dalam memperluas bisnis ke kancah internasional, perusahaan harus siap menghadapi tantangan dan kegagalan, serta memiliki kemampuan untuk berpikir kreatif dan inovatif dalam menghadapi perubahan pasar global.

Sumber gambar: Rocket Chicken
Sumber gambar: Rocket Chicken

Alasan Memilih Negara Singapura Sebagai Langkah Perluasan Bisnis Rocket Chicken

Singapura adalah negara kecil dengan jejak ekonomi yang besar. Didirikan sebagai pusat perdagangan, negara kota yang kompak ini telah berkembang menjadi pusat keuangan terkemuka, mega-hub transportasi, dan “kota pintar” global, dengan kancah teknologi yang dinamis. Dengan tepi lautnya yang ikonik, kebun raya yang menakjubkan, dan semangat inovatif, Singapura adalah lokasi yang menonjol di kawasan ini dan di dunia.

Negara Singapura merupakan salah satu pasar yang mengarahkan dalam perluasan bisnis Rocket Chicken karena beberapa alasan:

  • Pasar yang luas dan berkembang: Pasar makanan cepat saji di Singapura adalah pasar yang luas dan berkembang, dengan konsumen yang banyak dan beragam.
  • Trend kebangkitan makanan cepat saji: Trend kebangkitan makanan cepat saji di Singapura membuat pasar ini lebih menjanjikan untuk perusahaan makanan cepat saji seperti Rocket Chicken.
  • Regulasi yang teratur: Negara Singapura memiliki regulasi yang teratur dan efektif, yang dapat membantu perusahaan Rocket Chicken untuk mengatur operasinya dengan baik.
  • Infrastruktur yang baik: Infrastruktur yang baik di Singapura, seperti jaringan jalan raya, transportasi, dan perkhidmatan publik, memudahkan perusahaan untuk mengoperasikan bisnisnya.
  • Keseimbangan ekonomi: Negara Singapura memiliki ekonomi yang stabil dan keseimbangan, yang dapat membuat bisnis lebih baik dan lebih stabil.
  • Kemitraan franchise yang tersedia: Rocket Chicken dapat menggunakan strategi franchise untuk memperluas bisnisnya di Singapura, yang dapat mempermudah proses penetrasi pasar dan mengurangi biaya investasi.

Strategi Yang Dapat Dilakukan Perusahaan Rocket Chicken dalam Memperluas Bisnisnya ke Kancah Internasional Khususnya ke Negara Singapura

Masuk ke pasar internasional seperti Singapura merupakan langkah yang penting namun juga menantang bagi perusahaan waralaba Indonesia. Berikut adalah beberapa strategi yang dapat membantu perusahaan waralaba Indonesia untuk masuk ke negara Singapura yaitu:

1. Pemahaman Pasar: Lakukan riset pasar yang mendalam tentang kebutuhan, preferensi konsumen, dan tren pasar di Singapura. Perusahaan harus memahami dengan baik bagaimana pasar waralaba beroperasi di Singapura, termasuk regulasi, persaingan, dan perilaku konsumen.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun