Mohon tunggu...
El Bana
El Bana Mohon Tunggu... Insinyur - Engineer

Hobi mandi sore

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Genius Slogan dan Branding Tolak Angin Melalui Sosial Media Mampu Mengubah Persepsi Masyarakat

3 Mei 2023   18:40 Diperbarui: 3 Mei 2023   18:47 1729
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://www.tiktok.com/@kumparan/video/7224014715360382235

ABSTRAK

Tagline merupakan salah satu cara menarik perhatian customer untuk mengingat produk dengan catchprasenya. Tagline sebuah iklan dapat membuat image baru terhadap brandnya dan  juga  memberikan  efek  persuasif  yang  berpengaruh  pada  perilaku  konsumen. Keefektifan sebuah iklan sangat penting untuk diteliti. Produk jamu dan herbal kini terus menggeliat di pasaran, tidak hanya di pasar domestik, tetapi juga di pasar ekspor, seiring meningkatnya permintaan konsumen. Kondisi itu, mendorong para produsen jamu dan suplemen herbal berlomba-lomba untuk terus berinovasi dan menjaga konsistensi kualitas produknya. Tidak terkecuali untuk PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk dengan produk andalannya Tolak Angin.

Secara tidak langsung tolak angin bisa dikatakan berhasil (Genius) dalam membangun brandingnya melalui media sosial. Dikarenakan saat ini sudah terbentuk persepsi, jika anda sakit minum tolak angin. Sejalan dengan slogan yang digaungkan oleh Tolak angin "Orang Pintar Minum Tolak Angin"

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Tolak Angin adalah obat herbal yang berguna untuk meredakan masuk angin, perut mual, tenggorokan kering dan badan terasa dingin. Tolak Angin dibuat oleh pendiri Sido Muncul pada tahun 1930 yaitu Ibu Rahmat Sulistyo. Tolak Angin dibuat dari tumbuh-tumbuhan herbal dan madu serta ramuan lainnya. Tolak Angin dikenal lewat jargonnya: orang pintar minum Tolak Angin. Tolak Angin Tersedia 4 Varian. Tolak Angin Original, Tolak Angin Flu, Tolak Angin Anak dan Tolak Angin Bebas Gula.

Branding Simen Platue, seorang photograper dari Norwegia pada akun tiktoknya meyanjung branding lokal dari Indonesia sebagai merk terkuat di dunia. Dia membandingkan Tolak angin dengan brand luar yang ternama seperti coca cola, apple, samsung, Tesla. Karena apa, menurut Simen Platue semua orang sepakat bahwa jika anda masuk angin, meriang, mual, pusing, obatnya Minum Tolak Angin untuk masalah kesehatan anda. Sehingga di katakan genius branding. Selain itu branding tolak angin ini juga bahas oleh penggiat sosial media dan juga merupakan founder sevenprenuer melalui aku yotube shortnya.


PENCAPAIAN

Produk yang sudah dikenal masyarakat luas ini baru saja meraih penghargaan atas konsistensinya menjaga kualitas serta komitmennya yang selalu menghadirkan produk terbaik untuk konsumen di Indonesia, antara lain:

  • Indonesias Home Grown Consumer Brands Award 2023 dengan kategori obat masuk angin
  • Top 3 Future Digital Marketing Champion di kategori Pharmaceutical, dalam ajang Digital Marketing Champion Award 2020 yang diselenggarakan majalah SWA dan Business Digest
  • Diakui oleh salah satu warga Asing: https://www.tiktok.com/@kumparan/video/7224014715360382235

DIGITAL MARKETING

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun