Mohon tunggu...
eky cruise
eky cruise Mohon Tunggu... karyawan swasta -

me is me, not you, not her and other

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Apa Enaknya Merantau?

8 Mei 2015   11:40 Diperbarui: 17 Juni 2015   07:15 455
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Apa enaknya merantau?

Pernahkah terbayang dibenak kalian pertanyaan seperti itu? Khususnya bagi kalian yang saat ini sedang merantau, entah itu mencari uang ataupun mencari ilmu, Apa enaknya merantau? Ya pertanyaan ini sering muncul dibenak saya sendiri, ketika saya kuliah dulu, sudah mulai merantau dan jauh dari kerluarga, apa enaknya merantau? Apakah jika saya merantau demi menuntut ilmu saya akan menjadi sukses? Dan sekarang setelah saya bekerja, pertanyaanpun bertambah, apakah dengan merantau dan bekerja saya akan kaya?

Mungkin beberapa orang sudah merasakan betapa enaknya merantau, seperti memiliki pekerjaan yang diimpikan, bekerja disebuah perusahaan terkenal, mendapat gaji diatas rata-rata atau telah mendapatkan gelar sesuai dengan jenjang pendidikan yang ditempuh. Tapi tidak sedikit dari kita yang terjebak dengan keENAKANNYA merantau, sehingga lupa akan tujuan utama dari merantau itu sendiri. Ya pasti hampir dari semua orang yang merantau ingin memiliki kehidupan yang lebih baik dan sebagainya, tapi dengan banyak yang kita alami di “Alam” orang kita juga lupa akan tujuan awal kita merantau itu, terlebih dengan ditempat orang itu kita tidak senyaman dikampung halaman sendiri.

Disisi lain dengan kita tinggal dirumah kita tidur enak dan nyaman karena tinggal dirumah orang tua kita, makanpun tidak perlu keluar rumah, banyak waktu yang kita miliki bersama keluarga, tapi diluar dari itu kita tidak pernah belajar apa itu hidup? Bagaimana cara menjalani hidup? Bagaimana agar kita bisa makan besok? Tidak pernah berfikir apa tujuan dari hidup itu sendiri? Bukan begitu? Saya disini bukan untuk membanggakan mereka yang merantau atau mengucilkan mereka yang tinggal dirumah, khususnya di daerah, tapi saya hanya sedikit menggambarkan saja tentang pandangan saya terhadap hal ini, mungkin banyak juga orang “Kota” yang tinggal sama orang tua dan mereka sukses, dan itu saya fikir adalah sebuah kehebatan terlebih apa dan bagaimana dia sukses.

Bagaimanapun kita tidak harus mengagung agungkan mereka yang merantau kenapa? Karena tidak sedikit dari mereka yang merantau pergi dan pulang tanpa hasil apa-apa. Entah apa yang mereka lakukan diluar sana yang jelas saya yakin bahwa mereka tidak tahu tujuan mereka untuk merantau itu sendiri. Mungkin karena terlarut dalam kehidupan yang keras, atau terlalu menikmati kehidupan yang mewah sehingga mereka menghamur-hamurkan limpahan Rupiah yang mereka dapat untuk sesuatu yang sesaat. Karena saya yakin jika niat kita baik dan kita berusaha untuk mendapatkan tujuan itu, tuhan pasti akan memberikan jalannya, bagaimanapun caranya, sesulit apa rintangannya, jika kita sudah berusaha tugas kita hanya bersabar untuk hal ini.

Mohon tunggu...

Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun