Stres di tempat kerja tidak hanya dapat mengganggu produktivitasmu, tapi juga tidak menutup kemungkinan dapat memicu depresi jika kamu biarkan begitu saja. Sebelum hal tersebut terjadi, kamu perlu segera mengatasinya dengan cara yang tepat.Â
Berikut ini adalah beberapa langkah yang perlu kamu lakukan demi mengatasi stres agar tidak berlarut.
1. Beristirahatlah sejenak
Stres dapat disebabkan oleh tekanan. Oleh karena itu, untuk meredakannya, cobalah untuk beristirahat sejenak. Misalnya dengan melakukan teknik meditasi (menarik napas dalam, lalu membuangnya perlahan), atau bahkan membuatmu lebih rileks dengan istirahat sejenak selama sekitar 15 menit.Â
2. Sempatkanlah berolahraga
Saat sedang stres, berolahraga mungkin bukanlah pilihan pertamamu. Tapi tahukah kamu? Bahwa ternyata dapat membuatmu merasa lebih baik karena hormon endorfin yang keluar saat kamu melakukan aktivitas ini.Â
3. Fokus pada solusi
Berkutat pada permasalahan tidak akan membantumu keluar dari masalah, jadi cobalah untuk lebih fokus terhadap solusi.
4. Bicarakan dengan atasanmu
Jika stres yang kamu rasakan erat kaitannya dengan masalah pekerjaan, beranikanlah dirimu untuk membicarakan hal ini kepada atasanmu. Hal ini dapat cukup membantumu dalam mendapatkan jalan keluar. Bahkan dengan begini mungkin saja atasanmu akan memberikanmu cuti untuk beristirahat sejenak.
Sekarang kamu sudah tahu apa saja yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi stres di tempat kerja, bukan? Selain itu beberapa hal di atas, kamu juga mengetahui informasi lebih lengkap seputar cara mengatasi stres. Dengan begini, kamu akan lebih tahu cara mana yang lebih cocok dengan situasimu saat ini.Â