Mohon tunggu...
Eko Windarto
Eko Windarto Mohon Tunggu... Penulis - Penulis. Esainya pernah termuat di kawaca.com, idestra.com, mbludus.com, javasatu.com, pendidikannasional.id, educasion.co., kliktimes.com dll. Buku antologi Nyiur Melambai, Perjalanan. Pernah juara 1 Cipta Puisi di Singapura 2017, juara esai Kota Batu 2023
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

esai

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Solusi Terbaik untuk Meningkatkan Akses Pendidikan di Daerah Terpencil di Indonesia

12 September 2024   05:52 Diperbarui: 12 September 2024   08:31 174
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Oleh: Eko Windarto 

Meski pemerintah telah berupaya mengatasi masalah akses pendidikan dengan berbagai program seperti Program Pendidikan Wajib Belajar 12 Tahun (WBBM), Program Indonesia Pintar (PIP), dan masih banyak lagi, namun masalah akses pendidikan di daerah terpencil tampaknya masih memerlukan perhatian lebih.

Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan beasiswa kepada siswa-siswa dari daerah terpencil untuk dapat melanjutkan pendidikannya hingga jenjang yang lebih tinggi. Beasiswa ini tidak hanya berupa biaya pendidikan, tetapi juga biaya akomodasi dan transportasi.

Namun, pemberian beasiswa tidak serta-merta dapat menyelesaikan semua masalah. Sebab, terdapat permasalahan lain seperti kurangnya tenaga pengajar yang berkompeten dan minimnya sumber belajar yang berkualitas. Oleh sebab itu, diperlukan sinergi antara pemerintah, masyarakat, dan pihak swasta untuk memperkuat pendidikan di daerah terpencil.

Salah satu bentuk sinergi yang dapat dilakukan adalah dengan mengadakan program mentoring antara sekolah-sekolah di kota besar dengan sekolah-sekolah di daerah terpencil. Dalam program ini, siswa-siswa dari kota besar akan mengadakan program belajar mengajar di sekolah-sekolah di daerah terpencil. Selain itu, sekolah-sekolah di kota besar dapat memberikan bantuan sumber belajar dan akses internet untuk sekolah-sekolah di daerah terpencil.

Program mentoring ini juga dapat memberikan pengalaman baru bagi siswa-siswa dari kota besar untuk mengenal keberagaman budaya dan lingkungan yang berbeda. Di sisi lain, program ini juga memberikan motivasi bagi siswa-siswa di daerah terpencil untuk meraih pendidikan yang lebih baik.

Namun, program mentoring juga perlu diikuti dengan pengembangan kualitas tenaga pengajar di daerah terpencil. Pemberian beasiswa bagi tenaga pengajar untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dapat dijadikan salah satu langkah yang dapat dilakukan. Selain itu, pembentukan komunitas belajar di daerah terpencil juga dapat meningkatkan kualitas tenaga pengajar.

Dalam era digital seperti saat ini, pemanfaatan teknologi dapat menjadi solusi untuk meningkatkan akses pendidikan di daerah terpencil. Pendidikan online dapat dijadikan alternatif bagi siswa-siswa yang sulit mengakses pendidikan secara langsung. Namun, pendidikan online juga memerlukan fasilitas yang memadai, seperti akses internet yang cepat dan murah.

Untuk itu, pemerintah, masyarakat, dan pihak swasta perlu bekerja sama untuk meningkatkan infrastruktur teknologi di daerah terpencil. Pemerintah dapat memberikan bantuan dan regulasi yang memperbolehkan perusahaan telekomunikasi untuk menjangkau daerah terpencil dengan biaya yang terjangkau, serta memperkuat program-program pendidikan digital di daerah terpencil.

Pendidikan adalah hak semua anak bangsa, sehingga tidak boleh ada satu pun anak Indonesia yang terhambat dalam meraih haknya tersebut. Oleh sebab itu, pemerintah, masyarakat, dan pihak swasta perlu terus bergandengan tangan untuk menyelesaikan masalah akses pendidikan di daerah terpencil dan mewujudkan pendidikan yang merata dan berkualitas untuk semua anak Indonesia.

Selain itu, untuk mengatasi masalah kurangnya sumber belajar yang berkualitas, dapat dilakukan juga upaya pengadaan perpustakaan online yang dapat diakses oleh siswa di daerah terpencil. Perpustakaan ini dapat berisi buku elektronik dan bahan-bahan belajar lainnya yang dapat diakses melalui internet.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun