Oleh: Eko WindartoÂ
Pada abad ke-21, Teknologi semakin maju dan mempermudah aktivitas sehari-hari kita. Namun, tanpa disadari, kemajuan teknologi tersebut malah membuat hidup kita semakin sibuk dan penuh hiruk-pikuk. Begitu banyak yang harus diatasi dalam satu hari sehingga membuat orang merasa sulit untuk memiliki keseimbangan antara kehidupan pribadi dan pekerjaan mereka.
Menurut kutipan dari artikel
Vindiasari Yunizha
June 7, 2022 * 5 minutes read di ruangkerja.id, blog, yaitu Mengenal Teori Flow yang dicetuskan oleh Mihaly Csikszentmihalyi, dan menjelaskan bahwa ketika karyawan secara aktif terlibat dalam suatu aktivitas di mana keterampilan yang dimiliki seimbang dengan beban kerjanya, dia dapat mencapai kondisi pengalaman optimal yang disebut "flow." Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi karyawan bisa berada pada keadaan psikologis seperti ini. Namun, pada dasarnya mereka yang berada pada kondisi ini, dapat menghasilkan serta mendorong untuk belajar menjadi pribadi yang lebih baik dan tentu saja puas dalam menjalani pekerjaannya.
Tetapi sebenarnya, memiliki keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi adalah kunci untuk meraih kebahagiaan dan sukses dalam hidup. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa cara untuk memperoleh keseimbangan tersebut secara efektif.
Membuat Prioritas dalam Hidup Anda
Saat kita memiliki banyak hal yang harus dilakukan dalam satu hari, sangat mudah untuk merasa terapresiasi dan kehilangan fokus terhadap tujuan yang sebenarnya ingin dicapai. Dalam kebanyakan kasus, ini berarti bahwa kita memprioritaskan pekerjaan di atas kehidupan pribadi, dan tidak memberikan cukup waktu untuk beristirahat atau bersosialisasi dengan keluarga dan teman-teman.
Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu menemukan cara untuk menetapkan prioritas dalam hidup Anda dan mengejar tujuan yang benar-benar penting. Cobalah untuk membuat daftar hal-hal yang ingin Anda capai setiap hari dan buat jadwal prioritas berdasarkan urutan pentingnya. Dengan cara ini Anda akan dapat menyelesaikan pekerjaan Anda dan masih memiliki cukup waktu luang untuk melakukan aktivitas yang menyenangkan.
Menciptakan Lingkungan Kerja yang Sehat