Mohon tunggu...
Eko Purwanto
Eko Purwanto Mohon Tunggu... Guru - Guru di SMP Karangarum Bandung

Sehari hari profesi guru, juga menekuni pemberdayaan umkm. pelatihan media sosial, dan training bisnis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Dampak Media Sosial Pada Kesehatan Mental Anak Sekolah dan Cara Mengatasinya.

1 September 2024   10:30 Diperbarui: 1 September 2024   10:39 103
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
http://rencanamu.id/post/fun/you-have-to-see-this/infografik-media-sosial-anak-muda-dan-kesehatan-mental

Media sosial telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan anak-anak sekolah saat ini. Meskipun memiliki manfaat dalam hal komunikasi dan akses informasi, media sosial juga dapat membawa berbagai dampak negatif pada kesehatan mental mereka. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa dampak negatif media sosial terhadap kesehatan mental anak sekolah dan cara-cara untuk mengatasinya.

Dampak Negatif Media Sosial pada Kesehatan Mental Anak Sekolah:

  1. Kecemasan dan Depresi:Media sosial sering menjadi tempat di mana anak-anak merasa tertekan untuk menyesuaikan diri dengan standar sosial tertentu. Paparan terhadap komentar negatif, perundungan siber (cyberbullying), atau konten yang menggambarkan kehidupan "sempurna" orang lain dapat menyebabkan perasaan cemas dan depresi. Anak-anak mungkin merasa mereka tidak cukup baik, tidak menarik, atau tidak berharga jika mereka tidak mendapatkan "likes" atau komentar positif.

  2. Gangguan Pola Tidur:Banyak anak menggunakan media sosial hingga larut malam, yang mengganggu waktu tidur mereka. Cahaya biru dari layar perangkat elektronik juga dapat menekan produksi melatonin, hormon yang mengatur tidur. Kurang tidur dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan mental, termasuk kesulitan berkonsentrasi, kelelahan emosional, dan peningkatan risiko gangguan mood seperti depresi.

  3. Penurunan Kepercayaan Diri:Media sosial sering kali menampilkan gambar-gambar yang ideal dan tidak realistis tentang kecantikan, kesuksesan, dan kebahagiaan. Anak-anak yang terus-menerus melihat gambar ini mungkin mulai membandingkan diri mereka dengan standar yang tidak realistis, sehingga merasa kurang percaya diri dan mengalami penurunan harga diri.

  4. Ketergantungan dan Adiksi:Media sosial dirancang untuk memikat perhatian dengan fitur-fitur seperti pemberitahuan, komentar, dan "likes." Ini bisa membuat anak-anak terus-menerus memeriksa ponsel mereka, menciptakan ketergantungan yang mengganggu aktivitas sehari-hari mereka, seperti belajar, olahraga, atau berinteraksi dengan keluarga.

  5. Gangguan Perkembangan Sosial:Penggunaan media sosial yang berlebihan dapat menghambat perkembangan keterampilan sosial anak. Anak-anak mungkin merasa lebih nyaman berinteraksi secara online daripada berkomunikasi langsung, yang dapat mempengaruhi kemampuan mereka untuk membangun hubungan yang sehat di dunia nyata.

Cara Mengatasi Dampak Negatif Media Sosial pada Anak Sekolah:

  1. Pembatasan Waktu Layar:Penting bagi orang tua dan guru untuk menetapkan batasan waktu penggunaan media sosial. Batasi waktu layar harian untuk memastikan anak-anak tetap fokus pada aktivitas lain seperti belajar, bermain, dan berinteraksi sosial secara langsung. Misalnya, menerapkan aturan "tidak ada perangkat elektronik" satu jam sebelum tidur dapat membantu anak-anak tidur lebih nyenyak.

  2. Edukasi Literasi Digital:Mengajarkan literasi digital kepada anak-anak sangat penting untuk memastikan mereka memahami cara menggunakan media sosial dengan bijak. Edukasi ini bisa mencakup cara mengenali dan menangani cyberbullying, pentingnya menjaga privasi, dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis terhadap informasi yang mereka temukan online.

  3. Dorongan untuk Aktivitas Fisik dan Sosial di Dunia Nyata:Mengimbangi penggunaan media sosial dengan kegiatan fisik dan sosial yang nyata dapat membantu anak-anak menjaga keseimbangan. Orang tua dan guru bisa mendorong partisipasi anak-anak dalam kegiatan olahraga, seni, musik, atau kelompok belajar yang melibatkan interaksi tatap muka dengan teman sebaya.

  4. HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
    Lihat Pendidikan Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun