Mohon tunggu...
Eko Sudarmanto
Eko Sudarmanto Mohon Tunggu... Dosen - Dosen - Peneliti - Penulis

Bidang ilmu: ekonomi, bisnis, manajemen, dan ekonomi Islam.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

PKM ICMA: Pendampingan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Telekomunikasi dalam Meningkatkan Minat Belajar pada Siswa SMKN 3 Surakarta

30 Oktober 2024   15:32 Diperbarui: 30 Oktober 2024   15:34 113
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pada tanggal 25 Oktober 2024, Ikatan Cendekiawan Muda Akuntansi (ICMA) menyelenggarakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) di SMKN 3 Surakarta. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian acara Dies Natalis ICMA yang ke-3. Mengusung tema "Pendampingan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Meningkatkan Minat Belajar pada Siswa," PKM ini berfokus pada bagaimana siswa SMKN 3 Surakarta dapat mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk meningkatkan motivasi dan minat belajar mereka.

Latar Belakang dan Tujuan Kegiatan

Ketua ICMA, Rafles Ginting, SE., M.Ak., menyampaikan bahwa tema PKM kali ini dipilih dengan tujuan mendorong siswa untuk lebih proaktif dalam memanfaatkan teknologi secara positif, terutama dalam kegiatan belajar. Menurut Rafles, penggunaan TIK saat ini telah menjadi bagian integral dalam pembelajaran, dan siswa perlu didampingi agar tidak hanya menggunakan teknologi sebagai hiburan, tetapi juga sebagai sarana untuk belajar dan mengembangkan kemampuan mereka.

"Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan kita, termasuk dalam bidang pendidikan. Sayangnya, belum semua siswa memahami bagaimana mengoptimalkan teknologi ini untuk menunjang pembelajaran mereka. Oleh karena itu, kami di ICMA merasa perlu berkontribusi dalam memberikan pemahaman yang lebih mendalam terkait pemanfaatan teknologi ini secara positif, khususnya untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa," ujar Rafles dalam sambutannya.

Pemilihan Tempat PKM di SMKN 3 Surakarta

Triana Zuhrotun Aulia, SE., M.Ak., akademisi dari Universitas Muhammadiyah Tangerang selaku Ketua PKM, menjelaskan bahwa pemilihan SMKN 3 Surakarta sebagai lokasi PKM bukan tanpa alasan. Sekolah ini dipilih karena memiliki latar belakang yang relevan, dengan siswa yang sebagian besar berasal dari latar pendidikan kejuruan yang mengandalkan keterampilan teknis. Siswa SMKN 3 Surakarta juga diharapkan akan memiliki bekal pengetahuan praktis yang kuat, yang dapat ditingkatkan dengan pengetahuan TIK yang lebih dalam.

"SMKN 3 Surakarta menjadi pilihan kami karena sekolah ini memiliki visi yang selaras dengan program PKM ini, yaitu mendorong siswa untuk berinovasi dan memanfaatkan keterampilan mereka dalam bidang teknologi. Kami melihat potensi besar di sekolah ini untuk mengembangkan cara pandang siswa terhadap teknologi, tidak hanya sebagai pengguna, tetapi juga sebagai kreator," ujar Triana.

Rangkaian Acara dan Materi Pendampingan

PKM ini diselenggarakan dengan menghadirkan pemateri Ayu Puspitasari, SE., M.Ak., seorang akademisi dari Universitas Tanjungpura yang memiliki latar belakang dan pengalaman dalam bidang teknologi dan pendidikan. Materi yang dibawakan Ayu Puspitasari menitikberatkan pada bagaimana teknologi informasi dapat dimanfaatkan sebagai media belajar yang interaktif, dengan fokus pada platform pembelajaran digital, penggunaan aplikasi edukatif, dan teknik mencari sumber belajar yang kredibel di internet.

Dalam paparannya, Ayu menjelaskan bahwa teknologi tidak hanya mempermudah akses informasi, tetapi juga menawarkan metode pembelajaran yang lebih variatif dan interaktif. Ia mengajak siswa untuk berpikir kritis dalam memilih dan memanfaatkan teknologi yang ada, serta memberikan berbagai contoh aplikasi yang bisa digunakan dalam pembelajaran sehari-hari.

"Teknologi dapat menjadi mitra belajar yang sangat efektif, namun perlu adanya pemahaman yang mendalam mengenai cara penggunaannya. Kami di ICMA berharap, dengan pendampingan ini, siswa dapat lebih memahami bagaimana teknologi bisa menjadi alat bantu yang efektif dalam pembelajaran mereka," jelas Ayu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun