Mohon tunggu...
Eko Irawan
Eko Irawan Mohon Tunggu... Penulis - Menulis itu Hidup
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Pantang mundur seperti Ikan

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Lakukan 3 Langkah, Meningkatkan Kualitas Konten Kreatifmu

29 November 2020   21:29 Diperbarui: 29 November 2020   21:54 38
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokpri foto Eko irawan

Saya jadi Kompasianers sebenarnya baru baru saja. Pertengahan 2018. Namun keasyikan sebagai penulis ini membawa banyak tantangan belajar diberbagai bidang. Konten menulis saya jadi penuh eksplorasi. 

Melalui artikel ini, ayo kreatif bikin kontenmu agar lebih berwarna. Caranya? Simak aja. Lha, saya juga belajar menginspirasi diri saya sendiri kok.selamat mengeksplore bikin konten mu agar lebih berwarna, lebih ningkat kualitasnya.

Perluas tema, perhatikan topik pilihan 

Nulis, nulis dan nulis. Itu yang saya lakukan Sejak pertengahan 2018, saya mulai menulis tentang komunitas Reenactor Ngalam yang saya geluti bersama pegiat  Kampung Sedjarah, di kelurahan Sumbersari kota Malang. Alhamdulillah tema Reenactor ini sempat naik daun dan begitu browsing di google, cari Reenactor, maka semua konten tulisan saya muncul ditempat terbaik. 

Rujukan belajar Reenactor mulai mengarah ke saya. Wal hasil, saya kupas habis dunia hobi sejarah tsb. Apresiasi datang dari Kompasiana, dan saya bersama Reenactor Ngalam dapat kepercayaan untuk mengisi Indonesia comunity Day.

Penulis biasanya hanya menulis dari topik pilihan yang sudah digariskan, namun saya untuk pendalaman lebih suka menjadi bagian langsung dari sejarah dari apa yang saya tulis. Tentunya untuk hal hal yang bersifat positif. Hal baru yang saya lakukan adalah bergabung menjadi petani ikan nila di kampung Nila Slilir. Tidak sekedar mendengarkan cerita dari pegiat, tapi juga menjadi bagian dari sejarah dari apa yang sedang ditulis. 

Hal serupa juga dilakukan oleh Kompasianers Bolang dengan konsep wisata investasinya turut andil menjadi petani di kampung Nila Slilir. Tujuannya untuk melahirkan karya bersama dan pendalaman materi budidaya nila.

Perkaya kontenmu 

Tulisan pertama saya dikompasiana berupa puisi tanpa dilengkapi gambar atau foto. Baru tulisan kedua, dilengkapi gambar. Penulis bisa melampirkan gambar yang diambil dari penyedia gambar yang mudah diakses melalui google. Namun sebuah karya akan punya nilai lebih jika dilengkapi foto karya kamu sendiri. 

Akhirnya sayapun belajar fotografi sederhana. Yang belum saya lakukan adalah gambar info grafis. Video juga bisa ditampilkan. Belajar selanjutnya bangun channel YouTube punya kamu sendiri. 

Perkaya kontenmu jadi multimedia. Ini penting, karena akan meningkatkan kualitas kontenmu menjadi multi dimensi. Saya juga masih belajar dan semoga kedepan bisa berkarya lebih baik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun