PRESTASI Â Â
Menurut KBBI prestassi adalah sebuah hasil yang sudah dikerjakan dan telah dicapai. prestasi biasanya dapat diperoleh dari hasil pengetahuan yang dimiliki seperti prestasi lomba sains, prestasi berdkwah, dan lain sebagainya. Prestasi dinilai sebagai hasil usaha dalam kegiatan belajar. Dengan demikian prestasi dapat dikategorikan berdasarkan tingkatnya semakin tinggi nilai dari hasil yang di peroleh maka akan semakin tinggi pula prestasi, begitu pula sebaliknya. Prestasi dilihat dari angka, kalimat, huruf hingga simbol seperti, juara 123, medali emas, silver, dan perak adapula bentuk prestasi dalam kalimat seperti prestasi best komitmen terhadap suatu perusahaan atau hal lainnya.
Ciri karakteristik edukatif:
- Memiliki tujuan
- Memiliki alur
- Memiliki materi
- Keatifan peserta didik
- Pengoptimalan peran guru
- Kedisiplinan
- Mempunyai batas waktu
- Evaluasi
Faktor yang dapat mempengaruhi prestasi:
- Faktor fisiologis dan psikologis
- Faktort dari luar individu
- Faktor lingkungan dan faktor instrumental
EVALUASI BELAJAR
      Evaluasi belajar merupakan analisis hasil belajar yang telah dilakukan untuk mengetahui dan mengukur perubahan dalam proses pembelajaran. Evaluasi terbagi menjadi beberapa konsep yaitu, tes, pengukuran, penilaian dan evaluasi. Sebagai contoh evaluasi belajar seperti, pada saat guru memberikan tugas matematika siswa diharapkan mengerjakan sesuai dengan pengetahuan mereka setelah selesai salah satu murid diminta untuk menjelaskan dan memaparkan jawabannya di dalam kelas, guru akan melihat proses pembelajaran siswa tersebut dan setelah selesai menjelaskan siswa diminta untuk bertanya kepada semua teman yang ada dikelas apakah teman yang di jelaskan tadi paham dan mengerti dengan apa yang di jelaskan, jika tidak paham guru akan memberikan arahan lebih untuk membantu siswa.
Dengan demikian, evaluasi belajar sebagai media pertimbangan informasi untuk mengambil keputusan dalam lingkup pembelajaran.
Tujuan evaluasi belajar :
- Mengetahui tingkat penguasaan materi
- Mengetahui kecakapan, motivasi, minat dan bakat
- Mengetahui tingkat perkembangan belajar
- Mendiagnosis keunggulan an kelemahan peserta didik
- Seleksi sesuai dengan jenis pembelajaran
- Menentukan kenaikan kelas
- Memposisikan peserta didik dengan kompetensinya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H