Mohon tunggu...
Eka Syifa Andrini
Eka Syifa Andrini Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Tadris Ips/Sosiologi/Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

-

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Prestasi dan Evaluasi Belajar

5 November 2024   09:39 Diperbarui: 5 November 2024   09:40 31
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

PRESTASI    

Menurut KBBI prestassi adalah sebuah hasil yang sudah dikerjakan dan telah dicapai. prestasi biasanya dapat diperoleh dari hasil pengetahuan yang dimiliki seperti prestasi lomba sains, prestasi berdkwah, dan lain sebagainya. Prestasi dinilai sebagai hasil usaha dalam kegiatan belajar. Dengan demikian prestasi dapat dikategorikan berdasarkan tingkatnya semakin tinggi nilai dari hasil yang di peroleh maka akan semakin tinggi pula prestasi, begitu pula sebaliknya. Prestasi dilihat dari angka, kalimat, huruf hingga simbol seperti, juara 123, medali emas, silver, dan perak adapula bentuk prestasi dalam kalimat seperti prestasi best komitmen terhadap suatu perusahaan atau hal lainnya.

Ciri karakteristik edukatif:

  • Memiliki tujuan
  • Memiliki alur
  • Memiliki materi
  • Keatifan peserta didik
  • Pengoptimalan peran guru
  • Kedisiplinan
  • Mempunyai batas waktu
  • Evaluasi

Faktor yang dapat mempengaruhi prestasi:

  • Faktor fisiologis dan psikologis
  • Faktort dari luar individu
  • Faktor lingkungan dan faktor instrumental

EVALUASI BELAJAR

            Evaluasi belajar merupakan analisis hasil belajar yang telah dilakukan untuk mengetahui dan mengukur perubahan dalam proses pembelajaran. Evaluasi terbagi menjadi beberapa konsep yaitu, tes, pengukuran, penilaian dan evaluasi. Sebagai contoh evaluasi belajar seperti, pada saat guru memberikan tugas matematika siswa diharapkan mengerjakan sesuai dengan pengetahuan mereka setelah selesai salah satu murid diminta untuk menjelaskan dan memaparkan jawabannya di dalam kelas, guru akan melihat proses pembelajaran siswa tersebut dan setelah selesai menjelaskan siswa diminta untuk bertanya kepada semua teman yang ada dikelas apakah teman yang di jelaskan tadi paham dan mengerti dengan apa yang di jelaskan, jika tidak paham guru akan memberikan arahan lebih untuk membantu siswa.

Dengan demikian, evaluasi belajar sebagai media pertimbangan informasi untuk mengambil keputusan dalam lingkup pembelajaran.

Tujuan evaluasi belajar :

  • Mengetahui tingkat penguasaan materi
  • Mengetahui kecakapan, motivasi, minat dan bakat
  • Mengetahui tingkat perkembangan belajar
  • Mendiagnosis keunggulan an kelemahan peserta didik
  • Seleksi sesuai dengan jenis pembelajaran
  • Menentukan kenaikan kelas
  • Memposisikan peserta didik dengan kompetensinya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun