Mohon tunggu...
Eka Seftrian Anugera
Eka Seftrian Anugera Mohon Tunggu... Security - Security

saya suka teknologi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pengalaman Magang MSIB di PT. Bank Negara Indonesia : Menggali Dunia Manajemen Risiko IT

21 Juni 2024   08:49 Diperbarui: 24 Juni 2024   12:49 200
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dalam era digital saat ini, manajemen risiko IT menjadi semakin krusial untuk keberlangsungan dan keamanan operasional perusahaan. Sebagai bagian dari Program MSIB Batch 6, saya mendapatkan kesempatan emas untuk magang di PT. Bank Negara Indonesia (BNI). Pengalaman ini tidak hanya memperkaya pengetahuan saya tentang manajemen risiko, tetapi juga membuka wawasan baru tentang pentingnya peran IT dalam menjaga stabilitas operasional bank.

Pada Divisi yang saya jalani ini bertanggung jawab untuk mengidentifikasi, menilai, mengelola, dan memantau berbagai risiko yang dapat mempengaruhi operasional bank. Risiko ini mencakup berbagai aspek, mulai dari risiko operasional, teknologi, hingga risiko internal yang dapat mempengaruhi kelangsungan bisnis.

Salah satu tugas spesifik saya adalah melakukan pemantauan dan review atas proses Software Development Life Cycle (SDLC). Saya memastikan bahwa setiap tahap pengembangan perangkat lunak dilakukan sesuai dengan standar dan prosedur yang ditetapkan untuk meminimalisir risiko kegagalan atau kesalahan dalam sistem.

Pemantauan, verifikasi, dan review atas temuan vulnerability adalah tugas lain yang saya lakukan. Saya bekerja sama dengan teman magang saya dan juga mentor untuk memastikan bahwa setiap celah keamanan yang ditemukan segera ditindaklanjuti dan diperbaiki, sehingga tidak membahayakan operasional bank.

Kesimpulan

Magang di PT. Bank Negara Indonesia sebagai bagian dari Program MSIB Batch 6 adalah pengalaman yang sangat berharga dan menginspirasi. Saya mendapatkan wawasan mendalam tentang manajemen risiko IT dan bagaimana peran ini sangat penting dalam menjaga kelangsungan dan keamanan operasional bank. Pengalaman ini tidak hanya memperkaya pengetahuan saya, tetapi juga mempersiapkan saya untuk menghadapi tantangan di dunia kerja yang semakin kompleks dan dinamis.

Dengan berbagai pengalaman dan keterampilan yang saya dapatkan selama magang, saya merasa lebih siap untuk mengejar karir di bidang manajemen risiko IT. Terima kasih kepada BNI dan Program MSIB yang telah memberikan kesempatan ini. Saya sangat antusias untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang telah saya peroleh dalam dunia profesional yang sesungguhnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun