Mohon tunggu...
Eka Sarmila
Eka Sarmila Mohon Tunggu... Mahasiswa - Long Life Learner

Halo! Perkenalkan saya Eka. Menulis adalah cara saya untuk bertukar cerita kepada orang lain pada jangkauan yang lebih luas.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Artikel Utama

Tips Anti Kalap dan Wishlist Belanjaan yang Mesti Kamu Check Out!

28 Desember 2023   17:00 Diperbarui: 29 Desember 2023   11:43 692
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto. our-team dari Freepik.com

Harbolnas identik dengan pembelian di harga terbaik. Mulai dari promo yang ditawarkan, cashback, gratis ongkir, hingga saving percentage kalau kamu membeli sebuah produk secara bundling!

Lantas di 12.12 kemarin, apa nih pembelian terbaik 2023 versi kamu? Ngomong-ngomong soal harbolnas, saya jadi teringat dengan trend girl math. 

Di mana belanja jika dilihat dari kacamata matematika perempuan, sebuah barang seharga 80.000 dengan gratis ongkir misalnya, akan bernilai murah dibandingkan dengan barang 75.000 dengan ongkir reguler di harga 8.000. Jika dijumlah total bayarnya senilai 83.000.

Hanya selisih 3.000, namun bisa membuat para perempuan untuk berpikir ulang untuk membeli. 

Jika disanding-sandingkan keduanya sangat cocok jadi sasaran empuk marketing tim untuk achieve target KPI di akhir tahun. Hanya dengan memberikan voucher gratis ongkir, margin penjualan yang demand-nya konstan bisa naik dan banyak menarik pembeli. 

Alasan-Alasan Harbolnas Bikin Kecanduan!

Foto. Freepik.com
Foto. Freepik.com

Apa sih yang membuat belanja di tanggal cantik selalu membuat ketagihan? Apakah hanya semata-mata karena gratis ongkir? Ternyata, jika direfleksikan lebih dalam ada banyak alasan kenapa belanja di momen harbolnas bikin kecanduan. 

Pertama, penjual memberikan harga di margin terendah. Umumnya, di tanggal cantik penjual akan memberikan penawaran yang sangat menggiurkan. Diskon yang diberikan beragam, mulai dari potongan harga 10%, 20%, bahkan ada yang memberikan hingga 50%. 

Kedua, selain harga jika tidak memberikan diskon biasanya kita akan mendapatkan penawaran lain. Misalnya, voucher cashback ataupun gratis ongkir. Meskipun terdengar sangat basic nyatanya tawaran ini mampu memengaruhi psikologi konsumsi seseorang. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun