Mohon tunggu...
Eka Sarmila
Eka Sarmila Mohon Tunggu... Mahasiswa - Long Life Learner

Halo! Perkenalkan saya Eka. Menulis adalah cara saya untuk bertukar cerita kepada orang lain pada jangkauan yang lebih luas.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Artikel Utama

Elaborasi Jualan Online di Media Sosial dan Marketplace, Ini Tipsnya Supaya Makin Cuan!

25 Juni 2023   14:30 Diperbarui: 26 Juni 2023   08:35 780
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto. rawpixel.com dari freepik.com

Belanja online kian jadi favorit dan diburu banyak orang. Alasan utamanya, harga barang yang dipasarkan secara online terkadang lebih murah dibandingkan harga toko. 

Alhasil banyak konsumen yang beralih dan toko-toko online pun kian menjamur di mana-mana. Selain bisa menghemat budget dan pengeluaran, ada beberapa alasan lain yang membuat kebiasaan ini jadi pilihan. 

Mulai dari menghemat waktu hingga kemudahan sistem pembayaran yang ditawarkan. Bahkan, sistem kredit juga ditawarkan dalam mekanisme pembayaran belanja online. 

Tingginya permintaan dan peluang pasar yang ditawarkan membuat banyak toko konvensional yang juga berlomba berjualan online. Pilihan pasarnya pun beragam mulai dari media sosial hingga marketplace. 

Semua bisa diekspansi untuk meraih cuan sebesar-besarnya. Lantas, bagaimana optimalisasi terbaik dari jualan online dalam rangka mencari cuan sebanyak-banyaknya?

Membangun Personal Branding Produk di Media Sosial!

Foto. rawpixel.com dari freepik.com
Foto. rawpixel.com dari freepik.com
Daripada sibuk membahas mana lebih untung, jualan di marketplace atau media sosial? Kalau bisa maksimalkan keduanya, kenapa hanya pilih salah satu? Toh, keduanya bisa dimanfaatkan secara cuma-cuma. 

Akan tetapi, ada perbedaan mencolok yang bisa dimaksimalkan. Misalnya, di mana pasar utama saya akan menjual produk? Baik media sosial ataupun marketplace keduanya bisa jadi target pasar bisnis owner. 

Hanya saja, fitur mana yang akan Anda maksimalkan sebagai bisnis owner. Pada media sosial misalnya, media sosial bisa dijadikan tempat untuk berjualan online. Namun, media sosial punya dampak yang lebih besar membangun branding produk.

Jika dahulu para bisnis owner harus mengeluarkan budget lebih untuk memasarkan produk dengan iklan. Kini, akun official dari produk yang dibangun brandingnya bisa jadi citra diri dari produk tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun