Lingkungan belajar kondusif merupakan lingkungan belajar di sekolah dengan suasana yang tenang dan terkendali. Lingkungan belajar yang kondusif perlu diciptakan dan dipertahankan agar pertumbuhan dan perkembangan peserta didik efektif dan efisien sehingga tujuan dari pembelajaran tercapai secara optimal. Pada kegiataan belajar mengajar, ada unsur pergaulan serta unsur lingkungan yang tidak terpisahkan namun dapat dibedakan. Pergaulan terdapat faktor-faktor yang berdaya guna dalam mendidik. Pergaulan yaitu unsur lingkungan yang berpartisipasi dalam pendidikan seseorang. Sedangkan lingkungan dapat menentukan keberhasilan seseorang yang paling penting dalam menciptakan kemampuan dan perilaku siswa.
Penyediaan lingkungan bagi peserta didik wajib diprioritas, terutama jika lingkungan adalah lingkungan belajar. Logikanya semakin siap lingkungan, semakin besar respons positif siswa. Ini akan memberi dampak serta asa yang relevan dari pengajar serta orang tua. Lingkungan belajar adalah salah satu faktor yang berasal dari luar (faktor eksternal) yang dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Lingkungan belajar yang nyaman dan efektif akan mendukung kegiatan pembelajaran berjalan dengan kondusif. Penciptaan kondisi lingkungan belajar yang efektif adalah Salah satu aspek terpenting keberhasilan dalam pembelajaran. Lingkungan tersebut yang mampu menjadikan peserta didik fokus kepada pelajaran terhindar dari hal-hal yang negatif seperti merokok, mengonsumsi narkoba, dan pergaulan bebas. lingkungan yang mempengaruhi kegiatan belajar seperti dari lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. Oleh karena itu, dalam kegiatan belajar dibutuhkan lingkungan belajar yang kondusif yang membuat siswa nyaman dalam belajar sehingga ilmu yang disampaikan oleh guru akan lebih mudah untuk dipahami.
Lingkungan belajar yang kondusif memiliki peran penting dalam membentuk pengalaman belajar yang efektif dan memotivasi peserta didik. Salah satu pendekatan yang dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif adalah dengan penerapan desain kelas kreatif. Desain kelas kreatif menggabungkan elemen-elemen inovatif untuk menciptakan ruang belajar yang memotivasi, menantang, dan menginspirasi peserta didik. Desain kelas kreatif bukan hanya tentang estetika, tetapi juga tentang menciptakan pengalaman belajar yang menarik. Ini melibatkan penggunaan ruang fisik, teknologi, dan metode pengajaran yang berbeda untuk menciptakan suasana yang inspiratif. Fleksibilitas dalam pengaturan kelas, penggunaan warna dan desain yang menarik, serta teknologi modern adalah beberapa elemen yang terlibat dalam desain kelas kreatif.
Menurut Burhanuddin pengelolaan kelas yaitu proses upaya yang dilakukan guru dan menciptakan dan memelihara kondisi yang kondusif dan optimal bagi terselenggaranya kegiatan pembelajaran secara efektif dan efesien.(Widiasworo, 2018) Ruangan kelas yang nyaman menurut Karwati dan Priansa (Murni Sri,dkk. (2022) merupakan ruangan kelas yang harus memperhatikan beberapa syarat, seperti tata ruang kelas, desain kelas, penataan perabot kelas meliputi meja, kursi, almari kelas, gambar gambar dan hasil karya. Desain kelas yang efektif serta fasilitas yang mewadahi akan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif bagi peserta didik. Ruang kelas adalah tempat belajar mengajar siswa dan guru di sekolah, sehingga ruang kelas sangat berpengaruh terhadap semangat dan motivasi siswa dalam menuntut ilmu. Desain atau tampilan ruang kelas yang interaktif dan menyenangkan, maka siswa akan betah belajar di dalamnya.
 Ruang kelas merupakan bagian penting dalam proses terciptanya pembelajaran yang kondusif. Ruang kelas yang bersih tertata rapi akan membuat peserta didik akan lebih fokus dalam belajar dan merasa nyaman dikelas. Penataan ruang kelas harus diutamakan untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, hiasan dinding dalam kelas juga dapat membuat peserta didik menjadi semangat dalam belajar, dan membantu membangunkan rasa ingin tahu dalam belajar. Guru harus mengatur tempat duduk siswa senyaman mungkin dan menghias dinding kelas dengan media pembelajaran untuk membantu terciptanya lingkungan belajar yang kondusif. Hal itu sudah dibuktikan dalam artikel Pengaruh Suasana Lingkungan Belajar Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Produktif, Berdasarkan hasil perhitungan uji signifikansi diperoleh hasil bahwa desain kreatif kelas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap konsentrasi belajar siswa dan membuat siswa kondusif.
Referensi:
Jumrawarsi,dkk. (2022) . Peran Seorang Guru Dalam Menciptakan Lingkungan Belajar Yang kondusif. Jurnal ensiklopediaku. Vol. 2 No.3 Desember.
Murni Sri,dkk. (2022). Penerapan Desai Kelas Efektif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Snets Ychi Autism Centre Cabang Jepara. Jurnal Terapan Abdimas. Vol 7 No 1 Januari.
Widiasworo,Erwin. (2018). Cerdas Pengelolaan Kelas. Yogyakarta:Diva Press.
Tambunan, Parlin dkk. (2020). Pengaruh Suasana Lingkungan Belajar Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Produktif. Jurnal Pensil: Pendidikan Teknik Sipil 9 (3).
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H