Mohon tunggu...
Eka Yudha Lantang
Eka Yudha Lantang Mohon Tunggu... Dokter - Dokter Spesialis Anestesiologi

Seorang anestesiolog yang terpesona dengan sejarah terutama WW1,WW2,Crusade. Peminat berbagai macam pengetahuan populer

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Bakti Anak dan Pembuang Sampah

24 Juni 2017   16:52 Diperbarui: 24 Juni 2017   17:09 258
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sang gadis mungil membantu ibunya, seorang penyapu jalan

Dalam perjalanan pulang dari jaga malam, pagi ini, saya bertemu dengan seorang ibu yang sedang menyapu jalan bersama dengan anak perempuan berusia sekitar 6 atau 7 tahun yang sedang mendorong "gerobak" sampah mengikuti arah gerak ibunya yang sedang menyapu sampah plastik dan dedaunan yang menumpuk sejak semalaman.

Saya trenyuh dengan pemandangan seperti ini, bukan karena seharusnya sang gadis kecil ini tidak perlu ikut bersama dengan ibunya ikut bekerja. Saya tidak pernah berpikir bahwa sang ibu yang memaksakan anaknya untuk membantunya, tetapi saya lebih meyakini bahwa ini adalah kerinduan sang anak agar pekerjaan sang ibu dimudahkan atau cepat selesai.

Saya trenyuh karena saya tahu persis bahwa sampah yang disapu dan diangkut oleh sang ibu-anak itu adalah sampah yang dibuang oleh pengguna jalan, entah itu sepeda motor, mobil yang diparkir atau sedang berjalan dan sangat mungkin berasal dari kendaraan dari orang yang memiliki intelektualitas 

Bukan hanya tempat di mana saya bertemu dengan ibu anak itu, kita bisa menjumpai sampah yang keluar dan terlempar dari kendaraan bermotor.
Kita terlalu yakin bahwa membersihkan sampah di jalan itu adalah petugas kebersihan dan pihak otoritas sementara posisi kita ada pada memberikan kritik bila sesuatu berjalan tidak sebagaimana mestinya.

Ah, gadis kecil, saya menghormati setinggi-tingginya pengabdianmu pada ibumu, sementara terus berharap bahwa manusia yang membuat pekerjaan ibumu bertambah banyak bisa menemukan pencerahan..

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun