Mohon tunggu...
Eka Kurniadi Spd
Eka Kurniadi Spd Mohon Tunggu... Guru - Guru Bimbingan dan Konseling

SMP Negeri 6 Pemalang

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice Pelaksanaan Layanan Bimbingan Klasikal dengan Metode Project Based Learning

12 Desember 2022   01:15 Diperbarui: 12 Desember 2022   01:17 212
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

 

BEST PRACTICE

PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROJECK BASED LEARNING DENGAN TOPIK TUGAS DAN FUNGSI GURU BK DI SEKOLAH

 

Lokasi

SMP Negeri 6 Pemalang

Lingkup Pendidikan

Sekolah Menengah Pertama

Tujuan yang ingin dicapai

Tujuan Umum

  • Peserta didik mampu menyimpulkan tugas dan fungsi guru BK di sekolah (C6)

Tujuan Khusus

  • Peserta didik mampu menelaah tugas dan fungsi guru BK di sekolah (C4)
  • Peserta didik mampu merumuskan tugas dan fungsi guru BK di sekolah (A4)
  • Peserta didik mampu membuat poster tentang tugas dan fungsi guru BK di sekolah (P5)

Penulis

Eka Kurniadi, S.Pd.

Tanggal

Selasa, 6 Desember 2022

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Latar belakang masalah

Guru BK belum melakukan layanan orientasi secara maksimal dengan menggunakan metode pemberian layanan yang menarik kepada siswa tentang tugas dan fungsi guru BK di sekolah.

 

Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan

  • Agar peserta didik tidak takut jika dipanggil keruang BK
  • Agar peserta didik tidak menganggap BK hanya untuk peserta didik yang bermasalah
  • Agar peserta didik tahu tentang apa saja layanan yang ada di BK

Apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini

  • Guru BK seharusnya melakukan layanan orientasi kepada siswa secara maksimal dengan menggunakan metode pemberian layanan yang menarik tentang tugas dan fungsi guru BK di sekolah
  • Guru BK seharusnya menunjukkan ciri khas keBKannya yang membedakan dengan guru mapel

 

Tantangan : 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut

  • Sarana prasarana di kelas yang kurang memadai
  • Peserta didik cenderung kelas yang pasif sehingga perlu usaha ektra agar terbentuk dinamika kelas yang baik
  • Pembuatan media layanan yang kurang menarik sehingga peserta didik tidak bosan
  • Penguasaan tentang metode yang digunakan

Siapa saja yang terlibat

  • Peserta didik
  • Dosen dan guru pamong
  • Rekan sejawat

Aksi : 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya 

  • Sarana prasarana di kelas yang kurang memadai
  • Dengan menggunakan ruang lab. komputer
  • Peserta didik cenderung kelas yang pasif sehingga perlu usaha ektra agar terbentuk dinamika kelas yang baik
  • Dengan diselingi ice breaking saat pelaksanaan layanan
  • Pembuatan media layanan yang kurang menarik sehingga peserta didik tidak bosan
  • Dengan menggunakan media canva untuk presentasi materi dan pengerjaan projek
  • Penguasaan tentang metode yang digunakan
  • Dengan menggunakan metode project based learning

Siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

  • Peserta didik sebagai penerima layanan
  • Dosen dan guru pamong sebagai pembimbing dalam proses pelaksanakan layanan
  • Rekan sejawat yang membantu persiapan dan proses pemberian layanan

Refleksi Hasil dan dampak 

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan?

  • Dengan menggunakan ruang lab. komputer guna mendukung sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam pelaksanaan layanan
  • Dengan diselingi ice breaking saat pelaksanaan layanan sehingga peserta didik ikut aktif dalam mengikuti layanan menarik sehingga peserta didik tidak bosan
  • Dengan menggunakan media canva untuk presentasi materi dan pengerjaan projek sehingga peserta didik antusias dalam mengikuti materi dan proses pembuatan projeknya.
  • Dengan menggunakan metode project based learning untuk mencapai tujuan layanan yang telah ditentukan

Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan

  • Rekan sejawat
  • Termotivasi dan terinspirasi untuk melaksanakan layanan bimbingan klasikal dengan metode dan media yang telah digunakan untuk lebih mengenalkan tentang BK ke peserta didik

 

Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? 

  • Faktor keberhasilan
  • Dukungan sarana dan prasarana dari sekolah
  • Dukungan dari kepala sekolah guna terselenggaranya PPL
  • Dukungan dari peserta didik yang mau menjadi penerima layanan
  • Dukungan dari rekan sejawat dalam membantu persiapan dan pelaksanaan PPL Aksi 1

 

Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Bagaimana penggunaan metode project based learning  dan aplikasi canva dalam layanan bimbingan klasikal untuk lebih mengenalkan tentang tugas dan fungsi BK di sekolah kepada peserta didik

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun