Â
BEST PRACTICE
PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROJECK BASED LEARNING DENGAN TOPIK TUGAS DAN FUNGSI GURU BK DI SEKOLAH
Â
Lokasi
SMP Negeri 6 Pemalang
Lingkup Pendidikan
Sekolah Menengah Pertama
Tujuan yang ingin dicapai
Tujuan Umum
- Peserta didik mampu menyimpulkan tugas dan fungsi guru BK di sekolah (C6)
Tujuan Khusus
- Peserta didik mampu menelaah tugas dan fungsi guru BK di sekolah (C4)
- Peserta didik mampu merumuskan tugas dan fungsi guru BK di sekolah (A4)
- Peserta didik mampu membuat poster tentang tugas dan fungsi guru BK di sekolah (P5)
Penulis
Eka Kurniadi, S.Pd.
Tanggal
Selasa, 6 Desember 2022
Situasi:Â
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
Latar belakang masalah
Guru BK belum melakukan layanan orientasi secara maksimal dengan menggunakan metode pemberian layanan yang menarik kepada siswa tentang tugas dan fungsi guru BK di sekolah.
Â
Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan
- Agar peserta didik tidak takut jika dipanggil keruang BK
- Agar peserta didik tidak menganggap BK hanya untuk peserta didik yang bermasalah
- Agar peserta didik tahu tentang apa saja layanan yang ada di BK
Apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini
- Guru BK seharusnya melakukan layanan orientasi kepada siswa secara maksimal dengan menggunakan metode pemberian layanan yang menarik tentang tugas dan fungsi guru BK di sekolah
- Guru BK seharusnya menunjukkan ciri khas keBKannya yang membedakan dengan guru mapel
Â
Tantangan :Â
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut
- Sarana prasarana di kelas yang kurang memadai
- Peserta didik cenderung kelas yang pasif sehingga perlu usaha ektra agar terbentuk dinamika kelas yang baik
- Pembuatan media layanan yang kurang menarik sehingga peserta didik tidak bosan
- Penguasaan tentang metode yang digunakan
Siapa saja yang terlibat
- Peserta didik
- Dosen dan guru pamong
- Rekan sejawat
Aksi :Â
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnyaÂ
- Sarana prasarana di kelas yang kurang memadai
- Dengan menggunakan ruang lab. komputer
- Peserta didik cenderung kelas yang pasif sehingga perlu usaha ektra agar terbentuk dinamika kelas yang baik
- Dengan diselingi ice breaking saat pelaksanaan layanan
- Pembuatan media layanan yang kurang menarik sehingga peserta didik tidak bosan
- Dengan menggunakan media canva untuk presentasi materi dan pengerjaan projek
- Penguasaan tentang metode yang digunakan
- Dengan menggunakan metode project based learning
Siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini
- Peserta didik sebagai penerima layanan
- Dosen dan guru pamong sebagai pembimbing dalam proses pelaksanakan layanan
- Rekan sejawat yang membantu persiapan dan proses pemberian layanan
Refleksi Hasil dan dampakÂ
Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Â Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut
Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan?
- Dengan menggunakan ruang lab. komputer guna mendukung sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam pelaksanaan layanan
- Dengan diselingi ice breaking saat pelaksanaan layanan sehingga peserta didik ikut aktif dalam mengikuti layanan menarik sehingga peserta didik tidak bosan
- Dengan menggunakan media canva untuk presentasi materi dan pengerjaan projek sehingga peserta didik antusias dalam mengikuti materi dan proses pembuatan projeknya.
- Dengan menggunakan metode project based learning untuk mencapai tujuan layanan yang telah ditentukan
Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan
- Rekan sejawat
- Termotivasi dan terinspirasi untuk melaksanakan layanan bimbingan klasikal dengan metode dan media yang telah digunakan untuk lebih mengenalkan tentang BK ke peserta didik
Â
Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan?Â
- Faktor keberhasilan
- Dukungan sarana dan prasarana dari sekolah
- Dukungan dari kepala sekolah guna terselenggaranya PPL
- Dukungan dari peserta didik yang mau menjadi penerima layanan
- Dukungan dari rekan sejawat dalam membantu persiapan dan pelaksanaan PPL Aksi 1
Â
Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut
Bagaimana penggunaan metode project based learning  dan aplikasi canva dalam layanan bimbingan klasikal untuk lebih mengenalkan tentang tugas dan fungsi BK di sekolah kepada peserta didik
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H