PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MEMBANGUN RASA CINTA TANAH AIR PADA SISWA SD
Eka Juniana Karantika
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
Â
PENDAHULUAN
Indonesia saat ini berada di era reformasi yang mengharuskan setiap warganya untuk mengikuti arus perkembangan zaman namun tidak melupakan wawasan nusantara. Berkat kemajuan ilmu teknologi masyarakat mampu saling berhubungan tanpa mengalami hambatan terutama jarak. Namun yang harus diperhatikan juga perihal jati diri bangsa mengenai faham kebangsaan. Salah satu hal yang ada pada setiap diri masyarakat ialah rasa cinta terhadap tanah air. Rasa cinta tanah air bisa diartikan sebagai sikap bangga, menghargai, menghormati serta memiliki loyalitas pada Negara. Sikap cinta tanah air bisa dibuktikan dengan usaha membela, menjaga, serta rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negara. Perasaan cinta tanah air perlu ditanamkan sejak dini dalam jiwa setiap masyarakat sebagai upaya menjadi warga negara yang baik dalam upaya mencapai tujuan negara.
Penerapan pemahaman mengenai sikap cinta tanah air penting adanya peran guru kepada siswa Sekolah Dasar dalam menumbuhkan suasana yang nyaman belajar dan penerapan sikap cinta tanah air. Suasana ini akan memudahkan guru dalam mendapatkan perhatian siswa agar mudah termotivasi dalam mempelajari konsep globalisasi dan sikap cinta tanah air.
PEMBAHASAN
Pendidikan Kewarganegaraan membangun rasa cinta tanah air pada siswa SD
Kehidupan manusia tidak lepas dari namanya pendidikan, pendidikan kewarganegaraan juga menjadi sebuah patokan terhadap kualitas warga negaranya. Maka dari itu pendidikan sangat penting perannya. Muatan civic education atau Pendidikan Kewarga Negaraan atau PKn ini ialah muatan yang termuat mengenai sistem kewarganegaraan dan lebih fokus terhadap pelaksanaan akan hak maupun kewajiban yang harus dilakukan oleh warganegaranya untuk menbentuk warga negara yang ungul dan berkarakter. Warga negara yang unggul dan berakater menjadi tercapainya tujuan pendidikan di Indonesia yang sudah termuat dalam Undang-Undang, Pancasila maupun UUD 1945.
Pendidikan Kewarganegaraan atau PKn ialah muatan sebagai tempat pengembangkan dan melestarian nilai-nilai moral kebangsaan yang bersumber pada budaya bangsa Indonesia yang akan dapat implementasikan dalam bentuk sikap dan perilaku di dalam kehidupan sehari-hari siswa baik sebagai individu. Di masyarakat maupun sebagai makluk ciptaan Tuhan Maha Esa. Pendidikan Kewarganegaraan atau PKn akan memberikan bekal kepada peserta didik mengenai pengetahuan, budi pekerti, kemampuan ketrampilan dasar yang memiliki hubungan dengan sikap antar warga negara satu dengan lainnya.
Upaya yang dapat mengembangkan sikap cinta tanah air pada peserta didik dilakukan melalui pembelajaran PKn. Upaya untuk membentuk menjadi manusian unggul itu sangat diperlukan sehingga peserta didik memiliki pengetahuan dan harapannya dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari. Selain menjadi warga negara yang unggul, peserta didik harus diajarkan menjadi anak yang memiliki karakter yang baik. Penguatan pendidikan berkarakter harus sudah diajarkan dimulai peserta didik menduduki di bangku sekolah dasar. Sekolah juga tidak lupa untuk mengajarkan perilaku yang disiplin agar dapat menumbuhkan sikap dari pendidikan berkarakter.
Pendidikan karakter cinta tanah air ini adalah pemahaman nilai-nilai dari karakter peserta didik yang memiliki tekad yang kuat untuk menjalankan nilia-nilai tersebut . Pendidikan Kewarganegaraan juga memuat pemahaman nilai-nilai pancasila kepada peserta didik. Pancasila mencakup segala nilai yang mencerminkan jati diri Indonesia untuk selalu dikembangkan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai pedoman setiap masyarakat Indonesia terutama pelajarnya untuk meningkatkan keutuhan, integritas dan kemajuan bangsa Indonesia.
Sikap cinta tanah air adalah nasionalisme yaitu kesetiaan yang ditunjukan oleh individu terhadap negara kebangsaannya. Cinta tanah air dapat diwujudkan dalam sikap membela negara dari segala macam ancaman. Rasa cinta tanah air bisa dalam bentuk rasa memiliki, bertanggung jawab, menghormati, loyalitas tinggi, mencintai adat budaya serta kekayaan dan kebanggaan terhadap negaranya yang dapat tercermin melalui perilaku sehari-hari.
Peran Guru Yang Dapat Mengembangkan Sikap Cinta Tanah Air
Terdapat 4 kompetensi yang harus dikuasai seorang pengajar.
1. Memiliki pengetahuan mengenai tingkah laku manusia.
2. Menguasai materi yang akan disampaikan.
3. Memiliki sikap kepribadian, sekolah dan materi yang akan disampaikan.
4. Memiliki peranan penting dalam menumbuhkan rasa cinta tanah air kepada setiap peserta didiknya.
Â
KESIMPULAN Â
Peran pendidik tidak hanya mengamalkan ilmu dan memberikan bahan ajaran terhadap muridnya, namun seorang pendidik memiliki tanggung jawab atas sikap dan rasa bangga peserta didik terhadap bangsa dan negaranya agar memiliki sikap bela negara yang tertulis dalam undang-undang. Maka sikap cinta terhadap tanah air harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari supaya tercipta lingkungan yang aman, damai, serta sejahtera. Oleh karena itu, pentingnya menerapkan nilai-nilai cinta tanah air untuk meningkatkan kualitas dan kesejahteraan bangsa dan negara Indonesia dengan mendidik peserta didik untuk memiliki rasa cinta terhadap tanah air melaui beberapa kegiatan yang tercantum.
Â
DAFTAR PUSTAKA
Anderson, U. maria. (2018). Penerapan Nilai Cinta Tanah Air Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Kelas IV Sekolah Dasar. 3(I), 145--162.
Audina D.A. ,Soleh D.A. & Sumantri, M. S. (2021). Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air dan Kedisiplinan dalam Kegiatan Upacara Bendera di Sekolah Dasar DKI Jakarta. EduStream : Jurnal Pendidikan Dasar, 1, 5.
Hani, N. A. (2019). Upaya Penanaman Karakter Cinta Tanah Air.
Ikhsan, M. A. (2020). Nilai - Nilai Cinta Tanah Air Dalam Perspektif Al-Qur'an. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(2), 108--114. https://doi.org/10.17977/um019v2i22017p108
Ismawati. (2019). PERAN GURU PKn DALAM MEMBENTUK SIKAP CINTA TANAH AIR SISWA DI SMA NEGERI 1 MOJOSARI KABUPATEN MOJOKERTO. Jurnal Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 2, 887--891.
Nasution, A. S. (2020). MENINGKATKAN RASA BANGGA MENJADI BANGSA INDONESIA DI ERA GLOBALISASI. 7(1), 138--149.
Rostini, T. (2018). Konsep Globalisasi Dan Sikap Cinta Tanah Air Melalui Metode Diskusi Pada Mata Pelajaran. 5(September), 157--170.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H