Mohon tunggu...
Eka Herlina
Eka Herlina Mohon Tunggu... Freelancer - Penulis lepas

Seorang teman bagi temannya, seorang anak bagi ibu, dan seorang perempuan bagi dirinya.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Ingatan Indah tentang Seorang Pahlawan (Harusnya) Tanda Jasa dalam Langkah Ini

11 November 2023   23:23 Diperbarui: 17 November 2023   13:15 218
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar : Eka Hei

Jika anak dibesarkan dengan pujian, ia belajar menghargai--Dorothy Law Nolte 

Ingatan saya tentang sekolah tak lebih seperti penjara. Betapa menyebalkan harus bangun di pagi hari, dipaksa merasakan dinginnya air dan berpakaian rapi dengan ragam peraturan ; kaos kaki putih, sepatu hitam, dan dasi. 

Belum lagi menghadapi perbedaan perilaku di sekolah, entah guru yang pilih kasih atau lingkaran pertemanan antara suku satu dengan suku lainnya – karena tinggal di daerah transmigrasi dengan ragam perbedaan tentunya. 

Dan, saya bersyukur dengan kondisi rumah serta ibu mengajarkan bagaimana melihat dan menghargai perbedaan, baik itu secara suku dan ras maupun agama. 

Itu kenapa pada masa itu, kegiatan pulang sekolah adalah hal-hal yang dinantikan. Tak ada yang lebih menyenangkan dari aktivitas di sekitar rumah.

Saya melewatkan masa rutinitas sekolah dengan biasa saja. Menyimak guru semaunya, mengerjakan PR, membersihkan kelas saat piket tanpa ada ambisi apapun terhadap nilai-nilai pelajaran. 

Saya tidak peduli apakah saya mengerjakan dengan baik atau tidak. Apakah saya dapat juara atau tidak. Yang penting saya sekolah agar tidak dimarahi ibu.

Hingga suatu hari, seorang guru baru tiba-tiba menjadi wali kelas saya. Saya tidak mungkin lupa momen di kelas 4 Sekolah Dasar. Usia saya sembilan tahun saat itu, dan sudah lebih dari dua dekade masa itu terlewatkan. 

Namun, apa yang terjadi pada saat itu mengubah pandangan saya sebagai bocah yang tidak tahu apa-apa, akhirnya menemui dunia menyenangkan dari sebuah sekolah.

Kalimat Pujian yang Mengubah Langkah Ini

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun