Kebumen (14/01/2022) – Globalisasi mendorong setiap lini kehidupan untuk berbenah dan mau tidak mau teknologi mempunyai peranan yang lebih besar dalam kehidupan manusia. Adanya media sosial membuat setiap orang kini tidak harus mengunjungi suatu tempat untuk dapat mengetahui informasi tentang tempat tersebut.Â
Demikian pula dengan suatu objek wisata, adanya media sosial membuat setiap orang tidak harus mengunjungi suatu objek wisata untuk dapat mengetahui lebih dalam terkait dengan objek wisata tersebut. Desa Buayan yang terletak di Kecamatan Buayan Kabupaten Kebumen merupakan salah satu desa yang banyak memiliki potensi wisata.Â
Permasalahan yang saat ini ditemui dalam pengelolaan wisata desa adalah kurangnya branding desa sebagai upaya dalam mempromosikan potensi yang dimiliki desa.Â
Digital branding merupakan proses membangun dan membingkai suatu brand secara online, seperti dengan menggunakan website, aplikasi, sosial media, dan lain-lain. Melalui digital branding, pengelola objek wisata akan lebih mudah untuk mempromosikan objek wisata tersebut di era komunikasi online seperti sekarang ini.
Dalam rangka pemanfaatan dunia digital dalam strategi marketing, mahasiswa KKN di Desa Buayan Kecamatan Buayan Kabupaten Kebumen mengadakan kegiatan pelatihan dan pengenalan materi digital branding kepada pengelola BUMDes di Desa Buayan dalam rangka membantu mempromosikan baik wisata yaitu Wisata Pemandian Alami Langen Ujung maupun potensi desa yang lainnya dalam dunia digital.Â
Program ini dilaksanakan secara offline di kantor Desa Buayan yang diikuti oleh perangkat desa dan pengelola BUMDes Bina Sejahtera Buayan. Para peserta pelatihan menerima penjelasan terkait dengan pengertian dari digital branding, tujuan dari digital branding, keuntungan menggunakan digital branding, dan cara memanfaatkan media sosial untuk kegiatan branding. Peserta pelatihan cukup antusias dengan adanya pelatihan digital branding ini.
Selama ini objek wisata Langen Ujung hanya dikenal oleh masyarakat setempat dan kurang dikenal oleh masyarakat luas karena minimnya kegiatan promosi baik itu offline maupun online.Â
Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran pengelola BUMDes terkait dengan pemanfaatan digital branding. Dengan adanya digital branding ini nantinya diharapkan wisata dan potensi Desa Buayan lebih dikenal oleh masyarakat luas dan sekaligus dapat membantu meningkatkan pemasukan asli desa.
Penulis : Eka Ferani Dewi Purwanti
Editor  : Dr. Ir. Wiludjeng Roessali, M.Si.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H