Mohon tunggu...
Eka Febriyanti
Eka Febriyanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hoby Saya Memasak dan berenang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Perkembangan Anak Usia Dini dalam Teori Psikonalisis

29 Desember 2023   10:24 Diperbarui: 29 Desember 2023   10:45 56
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Menurut opini saya Perkembangan anak usia dini adalah fase yang sangat penting dalam membentuk fondasi bagi pertumbuhan anak secara menyeluruh. Selama periode ini, anak mengalami perkembangan fisik, kognitif, sosial, dan emosional yang cepat, membentuk dasar bagi kepribadian dan kemampuan mereka di masa depan. Opini saya adalah bahwa lingkungan dan interaksi pada tahap ini memiliki dampak yang besar terhadap perkembangan anak. Pengasuhan yang positif, dukungan emosional, dan stimulasi kognitif dapat meningkatkan kemampuan anak dalam berbagai aspek. Oleh karena itu, penting bagi orang tua, pengasuh, dan lingkungan sekitar untuk menciptakan suasana yang aman, mendukung, dan merangsang perkembangan anak menekankan peran penting pengalaman pada masa anak anak dalam membentuk kepribadian dan perilaku dimasa dewasa nanti.

Penting juga untuk diingat bahwa setiap anak unik, dan perkembangannya dapat berbeda-beda. Oleh karena itu, pendekatan yang fleksibel dan responsif terhadap kebutuhan individual anak sangatlah penting. Selain itu, memberikan kesempatan kepada anak untuk menjelajahi dunianya sendiri, bertemu dengan tantangan, dan belajar melalui bermain merupakan elemen penting dalam perkembangan anak usia dini. Dalam mengamati perkembangan anak, saya lebih suka melihatnya sebagai sebuah proses dinamis yang melibatkan interaksi kompleks antara faktor biologis, psikologis, dan lingkungan. Dengan memberikan perhatian pada kebutuhan anak, memberikan dukungan yang tepat, dan menciptakan lingkungan yang positif, kita dapat membantu anak mengembangkan potensinya secara optimal selama fase perkembangan usia dini.

Teory 

Jika dikaitkan dengan  teori  Opini saya  dengan teori perkembangan freud psikoanalisis yang menekankan peran penting pengalaman pada masa anak-anak dalam membentuk kepribadian dan perilaku di masa dewasa. Menurut saya, perkembangan anak usia dini merupakan fase kritis yang membentuk dasar kepribadian dan perilaku anak di masa mendatang. Ini adalah periode di mana anak mengalami pertumbuhan fisik, kognitif, emosional, dan sosial yang pesat.

 Dalam konteks teori Freud, kita dapat mengaitkannya dengan konsep tahap perkembangan psikoseksual. Menurut Freud, ada lima tahap perkembangan psikoseksual: oral, anal, falik, laten, dan genital. Pada tahap-tahap ini, Freud menyatakan bahwa anak mengalami konflik psikoseksual yang memengaruhi perkembangan kepribadian mereka. Misalnya, pada tahap falik, anak mengalami kompleks Oedipus atau Elektra, yang dapat memengaruhi cara mereka berinteraksi dengan orang tua dan orang lain.

Dalam konteks perkembangan anak usia dini, perhatian pada tahap-tahap ini dapat memberikan pemahaman tambahan tentang bagaimana anak mengalami pertumbuhan dan konflik psikoseksual dalam perjalanan mereka. Misalnya, pentingnya memberikan lingkungan yang mendukung dan penuh kasih saat anak berada dalam tahap oral atau memberikan kesempatan untuk bermain dan menjelajahi dunia mereka pada tahap falik.

Kesimpulan

Kesimpulannya, dengan mengintegrasikan pemahaman tentang tahap-tahap perkembangan psikoseksual Freud dengan pendekatan yang responsif terhadap kebutuhan anak, kita dapat menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan optimal pada masa usia dini.

 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun