Mohon tunggu...
Eka ArsyadHandayani
Eka ArsyadHandayani Mohon Tunggu... Wiraswasta - Karyawan swasta merangkap ibu rumah tangga

Saya seorang working mom, dulu semasa sekolah menengah atas sangat suka menulis

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Peran Sosial Media Marketing terhadap Brand Awareness Produk UMKM

22 Juli 2024   15:05 Diperbarui: 22 Juli 2024   15:13 55
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: https://digima.co.id/mengenal-sosial-media-marketing/

Di era digital ini, media sosial telah menjadi salah satu alat paling efektif untuk mempromosikan produk dan layanan, termasuk untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Brand awareness atau kesadaran merek merupakan aspek krusial bagi UMKM untuk memenangkan pasar. Bagaimana sebenarnya sosial media marketing dapat membantu UMKM meningkatkan brand awareness? Mari kita simak lebih lanjut.

Apa Itu Brand Awareness?

Sebelum lebih jauh, penting untuk memahami apa itu brand awareness. Secara sederhana, brand awareness adalah sejauh mana konsumen mengenali atau mengingat suatu merek. Merek yang memiliki tingkat brand awareness tinggi biasanya lebih dikenal oleh masyarakat dan memiliki peluang lebih besar untuk dipilih oleh konsumen dibandingkan dengan merek yang kurang dikenal.

Sosial Media sebagai Alat Marketing untuk UMKM

Sosial media marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan platform sosial media untuk berkomunikasi dengan audiens, mempromosikan produk atau layanan, dan membangun hubungan dengan konsumen. Beberapa platform sosial media populer di Indonesia antara lain Instagram, Facebook, WhatsApp, dan TikTok.

Mengapa Sosial Media Efektif untuk Brand Awareness UMKM?

  1. Salah satu keunggulan utama sosial media bagi UMKM adalah biaya yang relatif rendah dibandingkan dengan metode pemasaran tradisional. UMKM dapat mencapai audiens yang luas tanpa harus mengeluarkan biaya besar.

  2. Sosial media memungkinkan UMKM untuk menjangkau konsumen dari berbagai daerah. Dengan lebih dari 150 juta pengguna internet di Indonesia, potensi untuk menjangkau konsumen baru sangat besar.

  3. Melalui sosial media, UMKM dapat berinteraksi langsung dengan konsumen. Hal ini dapat membantu membangun hubungan yang lebih personal dan memperkuat loyalitas konsumen terhadap merek.

  4.  Sosial media memberikan kebebasan kepada UMKM untuk menciptakan konten yang kreatif dan menarik, seperti gambar, video, dan cerita. Konten yang menarik dapat meningkatkan engagement dan membuat konsumen lebih mudah mengingat merek.

  5. HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    3. 3
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
    Lihat Entrepreneur Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun