Mohon tunggu...
Eka Hujaemah
Eka Hujaemah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa STAI RIYADUL JANNAH subang Smester 7

Jadilah diri sendiri

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Evaluasi Kurikulum PAI

13 November 2023   05:13 Diperbarui: 13 November 2023   05:29 57
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kembali lagi diartikel kali ini, masih membahas seputar evaluasi. Diharapkan jangan pernaj bosan karena evaluasi itu penting. Namun kali ni akan membahas langkah-langkah yang harus ditempuh berkaitan dengan evaluasi kurikulum PAI. 

Sedangkan Prof. Dr. H. M. Quraish Shihab seorang cendekiawan muslim yang pernah memberikan kontribusi dan pemgembangan pendidikan agama islam menyebutkan bahwa kurikulum merupakan seluruh rencana yang mengatur apa yang harus diajarkan dan bagaimana hasil dari pembelajaran yang yelah diukur tadi.

Langkah-langkah dalam merancang kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) dapat mencakup beberapa tahapan, antara lain:

1. Identifikasi Kebutuhan:
   - Tentukan tujuan utama pembelajaran PAI.
   - Identifikasi kebutuhan peserta didik dalam memahami nilai-nilai agama Islam.

2. Penentuan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar:
   - Tentukan standar kompetensi yang mencerminkan kemampuan yang diharapkan dari peserta didik setelah mengikuti pembelajaran PAI.
   - Susun kompetensi dasar sebagai langkah menuju pencapaian standar kompetensi.

3. Pemilihan Materi Pembelajaran:
   - Pilih materi pembelajaran yang sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar.
   - Sesuaikan materi dengan kebutuhan dan tingkat perkembangan peserta didik.

4. Perancangan Pembelajaran:
   - Rancang strategi pembelajaran yang melibatkan metode, media, dan sumber belajar.
   - Sesuaikan pendekatan pembelajaran dengan karakteristik peserta didik.

5. Penilaian Pembelajaran:
   - Tentukan metode penilaian yang sesuai untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik.
   - Sesuaikan jenis penilaian dengan tujuan pembelajaran PAI.

6. Pengembangan Instrumen Penilaian:
   - Buat instrumen penilaian yang valid dan reliabel.
   - Sesuaikan instrumen dengan jenis penilaian yang digunakan (formatif, sumatif, dsb.).

7. Implementasi Kurikulum:
   - Terapkan kurikulum PAI secara konsisten.
   - Monitor dan evaluasi proses pembelajaran untuk perbaikan berkelanjutan.

8. Evaluasi dan Pengembangan:
   - Evaluasi keseluruhan kurikulum secara periodik.
   - Lakukan perbaikan berdasarkan hasil evaluasi dan umpan balik dari stakeholder.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun